10 HARI PELATIHAN OPERATOR WEBSITE OPD DAN KECAMATAN

Pembukaan pelatihan operator website Dinas kominfo

Wonosobo,- Pelatihan pengelolaan Website secara simultan selama kurang lebih 10 hari dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika Wonosobo kepada operato Website dilingkup Organisai Perangkat Daerah (OPD) dan Kecamatan, hal ini didasari penilaian kurang informatifnya website resmi Pemerintah Kabupaten Wonosobo oleh Komisi Informasi Provinsi. 

Pembukaan yang Juga merupakan hari pertama dimulainya pelatihan digelar di Aula Kominfo, Senin (21/5). . "Pelatihan ini sengaja kami gelar secara bertahap, tidak langsung semua admin Web OPD dihadirkan, agar lebih fokus dan memudahkan sesi prakteknya," jelas Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika, Eko Suryantoro. Eko menyebut ada 4 OPD mengikuti pelatihan hari ini, yaitu Dinas Perumahan Permukiman dan Perhubungan (DIPERKIMHUB), Dinas Pengendalian Penduduk, KB PP dan PA (DPPKBPPPA), Dinas Tenaga Kerja (DISNAKER), dan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi UMKM (DISDAGKOP UMKM). "Begitu pula dengan tahap tahap berikutnya, pelatihan juga akan diikuti oleh sekitar 4 sampai 5 OPD saja," lanjut Eko. Kepada para admin Website OPD, Eko juga meminta agar segera menyelesaikan tahap pembuatan Daftar Informasi Publik (DIP) sebagai salah satu indikator informatif dalam pengelolaan web. 

Dwiyama SB., Sekretaris Dinas Kominfo selaku narasumber tunggal DIP menyampaikan kategori informasi secara klasifikasi telah diatur oleh pemerintah, sebagai upaya memenuhi amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi. “Ada 3 kategori informasi yang diamanahkan undang undang, yaitu informasi yang sifatnya serta merta, Informasi berkala, serta informasi yang dikecualikan," tutur Dwiyama. Pemuktahiran DIP juga menjadi hal yang penting dalam pengelolaan website, Pihak Diskominfo, seperti ditegaskan Fatonah selaku Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik, “Diskominfo membuka diri kepada setiap admin OPD maupun PPID yang berkeinginan untuk konsultasi terkait DIP maupun teknis pengunggahan ke website. Silahkan tidak perlu segan atau sungkan, kami siap menerima setiap OPD yang masih belum sepenuhnya jelas perihal DIP ini, baik secara langsung maupun melalui telpon," tegasnya. Untuk menggugah semangat para admin, Fatonah juga menyebut akan ada lomba dan penilaian website terbaik dari setiap OPD, serta menjanjikan hadiah menarik bagi pemenangnya.(***/edit Sigit)

No comments

Featured post

Pesan Terselubung Sendratari Mapageh Sang Watukulumpang

Pesan Terselubung Sendratari Mapageh Sang Watukulumpang - Sendratari Mapageh Sang Watukulumpang menandai puncak acara Festival Sindoro Sumb...

Powered by Blogger.