Revitalisasi Selesai 75 Hari, Alun-Alun Kota Wonosobo Siap Digunakan Untuk Upacara 17 Agustus 2018



Proyek revitalisasi alun-alun kota yang telah dimulai sejak tanggal 30 Mei lalu dipastikan bakal tuntas dalam 75 hari kerja. Sejumlah agenda resmi pemerintah daerah yang biasa dihelat di ruang publik kebanggaan warga Wonosobo itu juga telah dipastikan tidak akan terganggu. “Kecuali agenda hari jadi Kabupaten Wonosobo ke 193 yang digelar pada 24 Juli mendatang, event lain seperti Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang kami kira sudah bisa digelar secara penuh di alun-alun Kota Wonosobo,” terang Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Supriyanto, ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (26/6).

Agenda peringatan Hari Jadi Wonosobo ke 193, menurut Supriyanto juga tetap bisa menggunakan alun-alun kota, namun hanya sebagian yaitu di area utara akan dibuka sampai acara selesai dan kemudian ditutup lagi hingga pengerjaan tuntas. Selain event pemerintah kabupaten, sejumlah kegiatan rutin warga yang biasa diadakan di alun-alun seperti olahraga, jogging hingga sekedar rekreasi, diakui Supriyanto terpaksa harus dialihkan ke lokasi selain alun-alun selama proses revitalisasi. Proyek yang menelan anggaran daerah mencapai hampir 1,4 Milyar Rupiah tersebut, menurut Supri ditujukan untuk meningkatkan fungsinya sebagai ruang terbuka hijau yang lebih bersih, lebih rapi serta asri dan estetis. “Warga yang biasa menggunakan alun-alun Kota Wonosobo untuk tujuan olahraga maupun rekreasi keluarga untuk sementara dapat beralih ke taman-taman lain di sekitar kota, seperti taman Kartini dan Taman Fatmawati sampai nantinya pengerjaan revitalisasi ini selesai,” lanjutnya. Sementara, bagi para pedagang yang biasa berjualan di kawasan tersebut, menurut Supriyanto sudah diimbau untuk menyesuaikan diri dengan regulasi yang ada. 

Secara lebih rinci, Supriyanto juga menerangkan sejumlah pekerjaan yang akan dilakukan untuk mempercantik alun-alun Kota Wonosobo. “Kalau dirinci ada kurang lebih 12 jenis pekerjaan dalam rangka merevitalisasi alun-alun kota, seperti peremajaan tanaman beserta pot nya, rehabilitasi jogging track, perbaikan trotoar sisi utara sampai pengerjaan ram untuk diffabel juga termasuk di dalamnya,” bebernya. Selain itu, Supri menyebut ada pula pekerjaan rehab tiang lampu dan ornamen penerangan alun-alun, hingga pada perbaikan jaringan instalasi kelistrikan. Diharapkan, nantinya alun-alun Kota yang juga banyakn menjadi pusat kegiatan warga pada malam hari akan lebih terlihat terang dan memberikan kenyamanan.


Editor. Cici

No comments

Featured post

Pemerintah Siap Berperang Melawan Radikalisme

OPINI oleh Idham Cholid Pemerintah Siap Berperang Melawan Radikalisme - Itulah setidaknya simpulan yang kita tangkap setelah Presiden Jo...

Powered by Blogger.