Perjuangan Paskibra Kecamatan Kertek Demi Mengibarkan Sang Merah Putih

Perjuangan Paskibra Kecamatan Kertek Demi Mengibarkan Sang Merah Putih, - Peringatan hari kemerdekaan diisi berbagai kegiatan, mulai dari perlombaan hingga menghias desa agar menarik dan pada tanggal 17 Agustus selalu mengikuti upacara pengibaran bendera peringatan detik-detik proklamasi yang telah dilaksanakan 73 tahun silam. Selesai upacara banyak masyarakat memberikan selamat maupun applause kepada pasukan pengibar bendera (Paskibra) yang telah sukses mengibarkan bendera. Akan tetapi banyak yang tidak tahu bahwa persiapan Paskibra Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo sudah dilakukan sejak pertengahan bulan Juli.

Perjuangan Paskibra Kecamatan Kertek Demi Mengibarkan Sang Merah Putih

Hampir bersamaan dengan masyarakat mempersiapkan HUT RI dengan menghias desa maupun mempersiapkan kepanitiaan lomba, demikian juga pihak Kecamatan Kertek bekerjasama dengan Polri dan TNI mempersiapkan Upacara HUT RI. Persiapan upacara dari penunjukan petugas upacara hingga seleksi Paskibra di kecamatan Kertek sudah dilaksanakan di pertengahan bulan Juli kemarin. Selesai penunjukan petugas upacara langsung dilaksanakan latihan. Personil Polsek Kertek dan Koramil Kertek selain ditunjuk sebagai petugas upacara juga didaulat untuk menjadi pelatih demi suksesnya upacara 17 Agustus mendatang. Pelda Khoeron, Sertu Lalu Ahmat dan Serda Sugito Ditunjuk Danramil Kertek Sebagai Pelatih Paskibra, sedangkan Kapolsek Kertek mengirimkan Bripka Army Indo dan Brigadir Indra sedangkan Aiptu Tajudin Kanit Provos Polsek Kertek ditunjuk sebagai pengawas dalam latihan Paskibra.

Petugas Upacara pada tahun ini adalah gabungan dari Pemerintahan Kecamatan Kertek, Polsek Kertek dan Koramil Kertek. Sedangkan anggota Paskibra dari SMU/SMK/MA di Wilayah Kecamatan Kertek. 45 siswa-siswi dari 4 Sekolah telah terseleksi (SMK Andalusia, SMA Kertek, MA Umu Quro MA NU Darul Islah) dan mulai dilatih sejak pertengahan bulan Juli yang lalu. Selain latihan pengibaran bendera mereka juga dilatih untuk penurunan bendera. Latihan difokuskan pada kekompakan dan kedisiplinan baris berbaris. Setelah tersusun/terbagi tugasnya, dilanjutkan pelatihan pengibaran dan penurunan bendera. Menurut Bripka Armi Induk, “Insya Allah target pelatihan terpenuhi, alhamdulillah cuaca juga mendukung dimana tahun-tahun sebelumnya bisa dikatakan ada hujan untuk tahun ini selalu cerah. Untuk siswa-siswi yang dilatih mudah memahami apa yang kami sampaikan. Mohon doa restu kepada semua, semoga pelaksanaan pengibaran dan penurunan bendera di Kecamatan Kertek bisa lancar tanpa kendala apapun.” Armi melanjutkan, “Latihan pertama dilaksanakan di Lapangan Bojasari dari pukul 07.30 wib s/d 11.30 Wib. Sedangkan mulai hari Senin 6 Agustus 2018 latihan pindah di Lapangan Suren Gede, dimana lapangan tersebut yang nantinya akan di gunakan sebagai tempat upacara peringatan HUT RI ke-73,” terangnya.


Menurut Apriska Rizki, salah satu anggota Paskibra Kecamatan Kertek, “Walaupun latihannya melelahkan akan tetapi saya bersyukur bisa ikut jadi Paskibra, suatu kebanggaan. Tahun ini Paskibra Kecamatan Kertek, mungkin tahun depan bisa menjadi Paskibra Kabupaten Wonosobo,” harap Rizki. Hal senada disampaikan Nadia Woro, “Alhamdulilah ini yang ketiga kalinya saya mewakili sekolah sebagai Paskibra. Bangga tentu saja saya bangga, selain tambah pengalaman, Latihan Paskibra juga menumbuhkembangkan disiplin diri, tambah percaya diri, dan yang utama tambah sahabat dari lain sekolah,” tutur Nadia.

Editor. Cici



Entri yang Diunggulkan

Jagong Budaya Ditiap Kecamatan Diharap Mampu Membawa Dampak Multiplayer Effect

Jagong Budaya Ditiap Kecamatan Diharap Mampu Membawa Dampak Multiplayer Effect - Jagong Budaya di Kecamatan Leksono berjalan Meriah, upacar...

Powered by Blogger.