Kalender Festival Sindoro Sumbing

Kalender Festival Sindoro Sumbing Untuk pertama kalinya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo merilis Kalender kegiatan dengan Tajuk Festival Sindoro Sumbing, Akan banyak sekali agenda kegiatan dalam kurun waktu 3 bulan (Juni, Juli, Agustus) Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan kegiatan Festival Sindoro Sumbing dimaksudkan agar penikmat pariwisata lebih mengenal pariwisata yang ada di Kabupaten Wonosobo.

Kalender Festival Sindoro Sumbing

Kalender Festival Sindoro Sumbing

Berikut adalah Kalender Kegiatan Festival Sindoro Sumbing 2019:

14 Juni 2019 

Pagerejo Laku Si Kramat (08.00 WIB)

Pagerejo Laku Si Kramat adalah ritus/selamatan nyadran yang digelar rutin setiap 70 hari Lokasi Desa Pagerejo, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo.

Ngopi Nang Gunung Sindoro (19.00 WIB)

Ngopi Nang Gunung Sindoro adalah kegitan ngopi bareng komunitas kopi Wonosobo di Tlaga Bedakah, Desa Tlogomulyo, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo.

Sindoro Sumbing Riding dan Camping Ground


14-15 Juni 2019

Sindoro Sumbing Riding dan Camping Ground

Sindoro Sumbing Riding dan Camping Ground adalah kegiatan berkendara sepeda motor dan kemah bersama di Kawasan Wisata Alam dan Religi Desa Tlogomulyo dan Desa Pagerejo, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo.

Sindoro Sumbing Riding dan Camping Ground Java balloon Attraction


15 Juni 2019

Java balloon Attraction  (06.00 WIB)

Java balloon Attraction adalah kegiatan Lomba balon udara tradisional  dengan kietentuan yang berlaku sesuai dengan Peraturan Mentri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 40 Tahun 2018 yang di laksanakan di lapangan Desa Pagerejo, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo.

Sindoro Sumbing Art Performance

Sindoro Sumbing Art Performance adalah pentas seni kelompok kesenian lokal yang ada di Kabupaten Wonosobo yng dilaksanakan di lapangan Desa Pagerejo, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo.

Sindoro Hill Rock and Culinary Party

Sindoro Hill Rock and Culinary Party adalah  pentas musik rock dan pameran kuliner yang diadakan di lapangan Desa Pagerejo, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo.

Lampion Gunung

Lampion Gunung adalah penerbangan lampion di lapangan Desa Pagerejo, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo.

27-30 Juni 2019

Pasar Angkringan adalah sajian kuliner khas Desa Lengkong, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. 

Lomba Foto Nasional

Lomba Foto Nasional adalah kegiatan lomba foto dengan tema " Sport, Culture dan Tourism" yang dilakukan di seputaran area event.

28 juni 2019

Kembul Bujana dan Art Performance

Kembul Bujana dan Art Performance adalah kenduri bersamadengan menggunakan tenong, pertunjukan seni dan penerbangan 1000 lampion harapan

Temu Bisnis Pelaku wisata Jawa Bali 

Temu Bisnis Pelaku wisata Jawa Bali adalah kegiatan sharing pelaku usaha wisata se Jawa Bali yang di adakan di Hotel Surya Asia, Kabupaten Wonosobo.

28- 30 Juni 2019

Trip of Indonesia (TROI) Kejurnas Paralayang 

Trip of Indonesia (TROI) Kejurnas Paralayang  adalah lomba paralayang tingkat nasional yang diadakan di Bukit Kekep Desa Lengkong, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo.

UMKM Expo

UMKM Expo adalah ajang promosi bagi usaha dunia industri UMKM Indonesia dan Lokal Wonosobo. berlokasi di Alun-alun Kabupaten Wonosobo

29 Juni 2019

Temu Investasi Pariwisata

Temu Investasi Pariwisata adalah pertemuan pelaku Industri Pariwisata dengan pemerintah Kabupaten Wonosobo untuk kerjasama dibidang pariwisata yang bertempat di Hotel Surya Asia, Kabupaten Wonosobo.

30 Juni 2019

Bukit Kekeb Bicycle Ride 

Bukit Kekeb Bicycle Ride adalah kegiatan jelajah wisata dengan bersepeda menjelajahi rute area kota dan pedesaan yang ada di Kabupaten Wonosobo dengan start alun-alun Kabupaten Wonosobo.

1 Juli 2019

Senam Jadoel 10.000 Orang (rekor Muri)

Senam Jadoel 10.000 Orang (rekor Muri) adalah kegiatan senam bersama (anak sekolah, guru, sanggar senam, masyarakat,ASN, BUMD/N sawata dan pihak-pihak lain) di alun alun Wonosobo.

23 Juli 2019

Bedol Kedaton 

Bedol Kedaton adalah ritual reka adegan saat pusat pemerintahan Kabupaten Wonosobo masih berada di Desa Plobangan Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo.

Parade Tapa Bisu dan Doa Lintas Agama

Parade Tapa Bisu dan Doa Lintas Agama adalah reka adegan perjalanan bedol kedaton dari Desa Plobangan menuju pusat Pemerintahan yang sekarang dengan tidak berbicara.

Birat Sengkala 

Birat Sengkala adalah ritual membersihkan lokasi pusat pemerintahan dari hal-hal yang buruk.

19 Juli 2019

Ritus Lereng Sindoro Sumbing (14.00 WIB)

Ritus Lereng Sindoro Sumbing adalah ritual khusus di sendang Surodilogo dan petik daun tembakau di Dusun Anggrunggondok Desa Reco, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo

20 juli 2019

Jagong Budaya Sindoro Sumbing  (09.00 WIB)

Jagong Budaya Sindoro Sumbing bertempat di Desa Candiyasan, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo

Kirab Budaya Sindoro Sumbing (13.00 WIB)

Kirab Budaya Sindoro Sumbing adalah kolaborasi kegiatan seni budaya antara Kabupten Wonosobo dan Kabupaten Temanggung untuk menampilkan berbagai kelompok seni tradisional diawali dri Desa Reco, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo menuju Desa Kledung, Kabupaten Temanggung.

Sendratari Sindoro Sumbing Mapanggeh Sang Watu Wulumpang (19.00 WIB)

Sendratari Sindoro Sumbing Mapanggeh Sang Watu Wulumpang adalah pertunjukan sendratari kolosal yang melibatkan penari dari Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Temanggung.

24 Juli 2019

Pisowan Agung, Kenduri 1000 Tenong dan Pentas Kesenian Rakyat (09.00 WIB)

Pisowan Agung, Kenduri 1000 Tenong dan Pentas Kesenian Rakyat adalah Ceremony awal kegiatan Pemerintahan dengan mengelar selamatan dan pertunjukan kesenian rakyat.

27 Juli 2019

Ruwat Cukur Rambut Gembel  (06.00 WIB)

Ruwat Cukur Rambut Gembel adalah ritual yang biasa dilakukan saat rambut berambut gembel yang dipercaya titisan Kyai Kolodete dipotong.

Pentas Kolosal Topeng Lengger  (09.00 WIB)

Pentas Kolosal Topeng Lengger  adalah kegiatan tari lengger masal yang melibatkan 5.000 penari lengger dan dilaksanakan di alun-alun Kabupaten Wonosobo.

Konser Musik Bundengan  (20.00 WIB)

Konser Musik Bundengan adalah konser musik denga alat utama dari bundengan yang di gelar di alun-alun Kabupaten Wonosobo.

28 Juli 2019

Festival Carica Day 

Festival Carica Day adalah kegiatan yang bertemakan Carica yang diantaranya Carica Costum Carnival, Sendratari Carica dan menikmati 100 cup Carica

Workshop Carica Day 

Workshop Carica Day adalah kegiatan sosialisasi standar pengolahan dan kualitas mutu olahan Carica

31 Agustus – 1 September 2019

Babad Dieng 

Babad Dieng adalah rangkaian kegiatan pengambilan Air Suci dilanjutkan dengan Kirab Budaya, Pentas Seni, Kembul Bujono, Mahakarya Sendra Tari Babad Dieng, Ruwat Rambut Gembel, Baritan (penjamasan pusaka Nusantara) dan Sajian Minuman Khas Dieng (purwaceng).

27 September 2019

Rakanan Giyanti 

Rakanan Giyanti adalah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh desa giyanti yang meliputi Wisuda Lengger, Pesusan Beras, Tenongan, Ziarah, Doa Lintas Agama, Slametan Kobol-Kobol, Festival Ting, Performan Kuda Kepang lintas Kabupaten dan Wayang Kulit.


Catatan tambahan:

Agustus 2019 

Festival Kuliner Wonosobo (belum ada tanggal)

Festival Kuliner Wonosobo adalah kegiatan yang menyajikan makan khas tradisional Wonosobo (tempat belum di tentukan)

Oktober 2019 (belum ada tanggal)

Naga Air  

Naga Air adalah rangkaian kegiatan di Desa Kumejing antara lain 100 Bucu Pendem, Larung Sesaji, Tabur Benih Ikan, Pesta Lampion, "Kemilau Kumejing", Lomba Mancing, Lomba Perahu Naga dan Kesenian Tradisional.

Editor; Malindra

Entri yang Diunggulkan

Jagong Budaya Ditiap Kecamatan Diharap Mampu Membawa Dampak Multiplayer Effect

Jagong Budaya Ditiap Kecamatan Diharap Mampu Membawa Dampak Multiplayer Effect - Jagong Budaya di Kecamatan Leksono berjalan Meriah, upacar...

Powered by Blogger.