Kwarcab Banjarnegara Serius Jadikan Setiap Pramuka Sebagai Kantor Berita

Kwarcab Banjarnegara Serius Jadikan Setiap Pramuka Sebagai Kantor Berita - 70 Anggota Pramuka di Banjarnegara antusias mengikuti Pelatihan Jurnalistik yang digelar oleh Dewan Kerja Cabang Banjarnegara yang dimulai pada hari ini (26/7) dan akan berakhir pada Minggu nanti (28/7).

Kwarcab Banjarnegara Serius Jadikan Setiap Pramuka Sebagai Kantor Berita

Kwarcab Banjarnegara Serius Jadikan Setiap Pramuka Sebagai Kantor Berita 

Banjarnegara, satumenitnews.com - Ketua Kwartir Cabang Banjarnegara, Drs. H. Setiawan, M.Hum mengaku bangga dengan digelarnya kegiatan Pelatihan Jurnalistik, karena kegiatan yang telah dilaksanakan 2 kali telah memiliki dampak positif pada Anggota Pramuka di Banjarnegara.

"Saya sangat bangga dengan kegiatan Pelatihan Jurnalistik ini, karena dampaknya sangat positif bagi para peserta," ujarnya saat diwawancarai satumenitnews.com usai pelatihan.

Setiawan yang mengaku serius untuk rutin menyelenggarakan kegiatan serupa secara berkala, ia juga berpesan kepada peserta agar berhati-hati dalam menggunakan Smartphone ataupun Media Sosial, serta memanfaatkan Smartphone dengan baik dan positif.

"Manfaatkan Smartphone kalian dengan baik dan positif. Selalu berhati-hatilah dengan Smartphonemu, dulu mulutmu adalah harimaumu tetapi sekarang jarimu adalah harimaumu. Jadi  jangan sampai menyebarkan hoax dan berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan," katanya.

Ia juga mengatakan  Google sekarang merupakan jendela dunia selain buku dimana ilmu apapun ada dalam servernya, termasuk konten untuk meningkatkan kapasitas diri.

"Saya harap peserta kegiatan ini memanfaatkan internet untuk meningkatkan kapasitas diri mereka, dan sebagai anggota Pramuka Banjarnegara mampu mempromosikan kegiatan-kegiatan kepramukaan lewat internet atau media sosial," harap Setiawan.

Peserta Pelatihan Jurnalistik kali ini dibatasi sebanyak 70 peserta yang terdiri dari perwakilan anggota Pramuka SMA/SMK, SMP, dan Staff Pengajar masing masing Sekolah di Banjarnegara.

Sementara Eva Febrianingsih selaku ketua panitia mengatakan bahwa kegiatan pelatihan  bertujuan mengenalkan dunia jurnalistik kepada peserta dan menumbuhkan minat serta kreatifitas anggota Pramuka melalui karya Jurnalistik.

"Tujuan kegiatan kali ini untuk mengenalkan dunia Jurnalistik kepada anggota Pramuka di Banjarnegara serta untuk menumbuhkan minat dan kreatifitas Pramuka melalui karya jurnalistik," jelasnya.

Eva juga menerangkan kegiatan pelatihan dilaksanakan sebagai upaya dan Program Kerja dalam pembentukan Tim Siber serta Unit Jurnalistik Pramuka Kwartir Cabang Banjarnegara.

"Kegiatan ini juga sebagai upaya kami  membentuk Tim Siber dan Unit Jurnalistik Pramuka di Banjarnegara, harapan kami kedepannya peserta memilik keterampilan dalam bidang jurnalistik dan mampu melakukan publikasi serta mengangkat potensi yang dimiliki Pramuka Kwartir Cabang Banjarnegara," pungkas Eva.

Keseriusan kegiatan Kwarcab Banjarnegara tampak dari pengisi materi jurnalistik yang dihadirkan seperti Maula Asadila dari Satelit Post, Rakhmat Nur Ilmi dari Indonesian Scout Journalist, Elis Novit dari MNC Media, dan Eko Budi R dari Dinas Komunikasi dan Informatika.


Pewarta: Ariyani
Editor: Malindra

No comments

Featured post

Pro Kontra Penutupan Jalan Pada Saat Pembangunan Pasar Induk Wonosobo

Pro Kontra Penutupan Jalan Pada Saat Pembangunan Pasar Induk Wonosobo - Pembangunan Pasar Induk Wonosobo yang akan segera dilaksanakan renc...

Powered by Blogger.