Menuju Puncak Festival Sindoro Sumbing

Menuju Puncak Festival Sindoro Sumbing - Setelah beberapa waktu rangkaian kegiatan Festival Sindoro Sumbing digelar, acara kolaborasi Kabupaten Temanggung dan Wonosobo ini akan menuju puncak acara yang akan digelar pada Sabtu, 20 Juli 2019 di lapangan Desa Kledung Kabupaten Temanggung.

Menuju Puncak Festival Sindoro Sumbing

Menuju Puncak Festival Sindoro Sumbing

Wonosobo-Temanggung, satumenitnews.com - Diawali dengan kegiatan pengambilan air suci, selamatan, hingga puncak acara yakni Mapageh Watukulumpang yang akan melibatkan 100 seniman seniwati dari Wonosobo dan Temanggung. Sendratari ini disutradarai oleh Ahmad Dipoyono ( Dosen fakultas seni pertunjukan jurusan teater ISI Surakarta).

"Puncak festival kali ini akan banyak melibatkan seniman serta ahli seni dari Wonosobo dan Temanggung," kata kepala Disparbud Temanggung, Wiro Anjani saat jumpa pers di restoran Kledung Pas, Rabu (17/07).

"Acara kali ini akan sangat menarik karena acara kali ini adalah penggabungan dari seni Musik, Tari, Wayang, Teater, Multimedia, endingnya ritual sumpah janji dua pimpinan daerah Temanggung dan Wonosobo," lanjutnya.

Mapageh Watukulumpang ini terinspirasi dari Upacara Manusuksima dari Mataram Hindu tentang perilaku manusia yang suka merusak alam sehingga terjadi perjanjian suci antara manusia dan alam untuk saling menjaga sehingga terhindar dari bencana.

Abdul Rofiq, Direktur Festival Sindoro Sumbing juga menyampaikan bahwa  acara tersebut diharapkan dapat menyampaikan makna dari Mapageh Watukulumpang sendiri.

"Dengan adanya acara ini diharapkan masyarakat akan sadar pentingnya menjaga alam sekitar agar terhindar dari bencana. Dan juga diharapkan dapat menyatukan 2 kabupaten yang saling berdekatan yaitu kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Temanggung," ujarnya.

Pewarta: Ariyani
Editor: Malindra

Featured post

Terbebani Biaya Pilkada Langsung Pemkab Wonosobo Datangi Komisi II DPR RI

Terbebani Biaya Pilkada Langsung Pemkab Wonosobo Datangi Komisi II DPR RI - Jakarta, Anggota Komisi A DPRD Wonosobo menilai Biaya Pilkada ...

Powered by Blogger.