Paguyuban Pelaku Wisata Dieng Lakukan Gerakan Pungut Sampah

Paguyuban Pelaku Wisata Dieng Lakukan Gerakan Pungut Sampah - Ramainya pengunjung di wilayah Dieng untuk menyaksikan fenomena embun es atau masyarakat lokal menyebutnya bun upas membawa berkah tersendiri bagi sebagian besar masyarakat dan pelaku wisata. Namun berkah itu juga membawa dampak yang cukup menghawatirkan, sampah yang berserakan karena dibuang sembarangan oleh wisatawan dibanyak lokasi menjadi catatan tersendiri, untuk menangulangi dampak luas yang merugikan tersebut PPWD melakukan bhakti sosial dengan gerakan bersama memunguti sampah. Rabu (10/07).

Paguyuban Pelaku Wisata Dieng Lakukan Gerakan Pungut Sampah satumenitnews.com

Paguyuban Pelaku Wisata Dieng Lakukan Gerakan Pungut Sampah

Dieng, satumenitnews.com - Beranjak dari rasa keprihatinan Paguyuban Pelaku Wisata Dieng dengan banyaknya sampah  yang berceceran diberbagai lokasi wisata di kawasan Dieng Rabu pagi 10 Juli 2019 sejumlah anggota paguyuban dan Seniman dari Wonosobo, Jogja serta madura melakukan aksi pungut sampah di komplek Candi Arjuna, DPT dan Kawah Sikidang.

Menurut Ketua panitia Ika Budi Nugroho atau biasa disapa Canux, tak kurang dari 65 orang dari anggota PPWD dan seniman berhasil mengumpulkan 75 karung sampah an organik yang tercecer di berbagai lokasi wisata tersebut, "Sekitar 75 karung sampah berhasil kita kumpulkan sehari ini dari muai pukul 08:00 hingga 16:00 WIB dan kita taruh di TPS yang ada dikawasan Dieng, untuk rombongan seniman hanya sampai pukul 14:00 WIB  karena persiapan pertunjukan di Candi Prambanan," bebernya.

Agenda memungut sampah ini rencana akan rutin diadakan, "Sebenarnya kita sudah mengagendakan kegiatan pada jumat 12 Juli besuk, namun karena sudah kedahuluan viral di media sosial akhirnya diajukan sekarang guna mengatasi dampak yang kurang baik di kemudian hari," jelas  Canux, ia juga menerangkan bahwa sebagian pelaku wisata sudah melakukan sosialisasi untuk tidak membuang sampah sembarangan saat membawa tamu berwisata di kawasan Dieng.

Sementara itu One Andang Wardoyo, Kepala Disparbud Wonosobo secara terpisah mengatakan salut dan bangga terhadap kepedulian PPWD, "Ini merupakan peningkatan kesadaran yang baik bagi pelaku wisata, kesadaran untuk menjaga kebersihan di wilayah mereka mencari nafkah akan berdampak baik pula bagi mereka," ujar Andang. Ia juga berharap pelaku wisata dalam hal ini "guide"dan pedagang dikawasan wisata untuk mengajak wisatawan yang dibawa atau berkunjung tidak membuang sampah sembarangan saat berwisata.

"Bila perlu suruh wisatawan membawa pulang sampah non organiknya," tegas Andang.



Editor: Malindra


Entri yang Diunggulkan

Jagong Budaya Ditiap Kecamatan Diharap Mampu Membawa Dampak Multiplayer Effect

Jagong Budaya Ditiap Kecamatan Diharap Mampu Membawa Dampak Multiplayer Effect - Jagong Budaya di Kecamatan Leksono berjalan Meriah, upacar...

Powered by Blogger.