Kwartir Ranting Batur Perkenalkan Tari Semaphore Saat Hari Pramuka

Kwartir Ranting Batur Perkenalkan Tari Semaphore Saat Hari Pramuka - Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus oleh seluruh anggota Pramuka di Indonesia, baik di tingkat nasional ataupun tingkat ranting. Masing masing kwarran (Kwartir Ranting) merayakanya dengan cara berbeda, begitu juga dengan Kwartir Ranting Batur, 70 anggota Pramuka Penggalang merayakan hari jadi Pramuka ke 58 dengan melaksanakan senam Semaphore.


Kwartir Ranting Batur Perkenalkan Tari Semaphore Saat Hari Pramuka

Kwartir Ranting Batur Perkenalkan Tari Semaphore Saat Hari Pramuka

Banjarnegara, satumenitnews.com - Kegiatan diawali dengan Upacara Hari Pramuka yang diikuti 700 anggota Pramuka dari Siaga hingga pembina di Kwarran Batur, Banjarnegara. Bertindak sebagai petugas Upacara Hari Pramuka tahun ini dari Anggota Pramuka Penegak dan Pandega SMA Negeri 1 Batur serta Dewan Kerja Ranting Batur.

Setelah upacara, anggota Pramuka SMP N 1 Batur yang berjumlah 70 orang menampilkan senam semaphore. Gerakan Semaphore yang dimodifikasi menjadi tarian ini sebenarnya adalah sandi yang digunakan anggota Pramuka dalam mengirimkan pesan dengan menggunakan dua bendera warna merah dan kuning.

Menurut Tyas SuciPert, Pembina Pramuka Siaga di Kwarran Batur, pertunjukan tari Semaphore bertujuan mengenalkan salah satu alat komunikasi kepramukaan kepada Pramuka Siaga di Kwarran Batur.

"Kami ingin mengenalkan salah satu alat komunikasi yang kami pakai kepada adik adik siaga," ujarnya. Selain itu, senam semaphore dilaksanakan untuk melatih kekompakan dan memupuk rasa persaudaraan anggota Pramuka Gugus Depan SMP Negeri 1 Batur.




Pewarta: Ariyani

Editor: Malindra

No comments

Featured post

Seribu Ingkung Dalam Dasa Sura Desa Bomerto

Seribu Ingkung Dalam Dasa Sura Desa Bomerto - Peringatan Dasa Sura di Dusun Larangan Desa Bomerto Wonosobo kini menjadi event desa, awalnya...

Powered by Blogger.