Desa Maron Mendapat 2000 Bibit Kopi Arabica Dari PT PLN

Desa Maron Mendapat 2000 Bibit Kopi Arabica Dari PT PLN - Wonosobo, Melalui Program Penggiat Lingkungan PT. PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta, memberikan 2000 bibit kopi jenis arabica kepada Desa Maron Kecamatan Garung. Nantinya bibit kopi tersebut akan ditanam petani dan dibantu oleh kelompok Karangtaruna Persada Desa Maron untuk perawatan hingga pengolahannya bila saat panen tiba, Kamis (5/9).

Desa Maron Mendapat 2000 Bibit Kopi Arabica Dari PT PLN

Desa Maron Mendapat 2000 Bibit Kopi Arabica Dari PT PLN

Menurut Manager UP3 PLN Purwokerto Armunanto, tujuan kegiatan tersebut selain konservasi lingkungan juga akan memberikan manfaat ekonomi bagi warga Desa Maron. "Sengaja kami berikan 2000 bibit kopi agar konservasi lingkungan di Desa Maron dapat berlanjut dan memberikan manfaat ekonomi bagi Warga, dengan adanya manfaat ekonomi kami berharap warga mau merawat bibit tanaman tersebut hingga menjadi penguat di lereng pegunungan," jelas Armunanto.

Sementara itu Kepala Desa Maron, Marji menyambut niat baik PT. PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta, memberikan 2000 bibit kopi jenis arabica kepada Desa Maron.  Menurut Marji di Desa Maron ada sekitar 10.000 lahan kritis yang harus segera ditanami tanaman tahunan, "Karena letak Desa Maron berada di lereng pegunungan yang rawan terhadap longsor maka memang diperlukan penanaman tanaman tahunan untuk memperkuat lereng-lereng yang ada, mengingat semakin sedikit pohon besar dilingkungan desa," bebernya.

Marji berharap kegiatan ini tidak hanya selesai saat ceremonial, tetapi berlanjut monitoring terhadap bibit tanaman yang sudah diserahkan hingga tanaman berbuah. Harapan ini juga di tujukan kepada anggota Karangtaruna yang nantinya mendampingi dan mengolah kopi saat berbuah nanti, "Anggota Karangtaruna harus mendampingi dan melakukan monitoring terhadap kondisi bibit yang sudah di tanam hingga sampai saatnya berbuah dan memberi manfaat ekonomi," harap Marji.


Pewarta: Anji
Editor: Alvina

No comments

Featured post

Terbebani Biaya Pilkada Langsung Pemkab Wonosobo Datangi Komisi II DPR RI

Terbebani Biaya Pilkada Langsung Pemkab Wonosobo Datangi Komisi II DPR RI - Jakarta, Anggota Komisi A DPRD Wonosobo menilai Biaya Pilkada ...

Powered by Blogger.