Seribu Ingkung Dalam Dasa Sura Desa Bomerto

Seribu Ingkung Dalam Dasa Sura Desa Bomerto - Peringatan Dasa Sura di Dusun Larangan Desa Bomerto Wonosobo kini menjadi event desa, awalnya Dasa Sura hanya dilaksanakan di Dusun Larangan saja. Puncak acaran Dasa Sura yang dilakukan setahun sekali berdasarkan kalender Jawa (Hijriyah) ini dilakukan selamatan dan doa bersama, masing-masing keluarga membuat tumpeng dengan ingkung ayam kemudian dimakan bersama-sama oleh warga serta warga luar desa yang hadir dalam acara tersebut, Selasa (10/09).

Seribu Ingkung Dalam Dasa Sura Desa Bomerto

Seribu Ingkung Dalam Dasa Sura Desa Bomerto 

Wonosobo, satumenitnews.com - Mulai tahun ini Dasa Sura kemudian digabungkan dengan kegiatan Merti Desa Bomerto, berbagai kegiatan pertunjukan seni budaya dilaksanakan sejak Minggu 8 September hingga 11 September 2019.

Menurut Pj. Kades Bomerto Eko Widinugroho Dasa Sura awalnya merupakan kegiatan Ruwat mata air yang ada di Dusun Larangan. "Dasa Sura awalnya hanya di laksanakan di Dusun Larangan saja, namun atas inisiasi warga tahun ini dijadikan satu dengan acara merti desa sekaligus kedepannya sebagai destinasi wisata," beber Eko.

Puncak pagelaran Merti Desa/Dasa Sura Desa Bomerto diawali dengan melakukan pengajian, kirab gunungan hasil bumi, pengambilan air suci di 4 sumber mata air, kirap seribu ingkung dan kembul bujana penampilan kelompok kesenian masyarakat setempat.

Pewarta: Anji

No comments

Featured post

Seribu Ingkung Dalam Dasa Sura Desa Bomerto

Seribu Ingkung Dalam Dasa Sura Desa Bomerto - Peringatan Dasa Sura di Dusun Larangan Desa Bomerto Wonosobo kini menjadi event desa, awalnya...

Powered by Blogger.