Tradisi Bedah Bendungan 2 Tahun Sekali Desa Pesodongan

Tradisi Bedah Bendungan 2 Tahun Sekali Desa Pesodongan - Wonosobo, Dukuh Ladan Desa Pesodongan Kecamatan Kaliwiro punya kegiatan unik yang diadakan 2 tahun sekali. Kegiatan tersebut adalah bedah bendungan/menangkap ikan secara masal. Ratusan warga terlihat antusias turun ke bendungan untuk menangkap ikan dengan menggunakan alat seadanya. Jumat (27/9).

Tradisi Bedah Bendungan 2 Tahun Sekali Desa Pesodongan

Tradisi Bedah Bendungan 2 Tahun Sekali Desa Pesodongan

Suratno, Kades Pesodongan mengatakan kegiatan yang dilakukan 2 tahun sekali ini adalah suatu tradisi untuk menyeimbangkan alam dengan menjaga ekosistem. "Ini adalah suatu usaha untuk menjaga alam dengan tidak men eksploitasi alam dengan berlebih, dengan menjaga tradisi 2 tahun sekali bedah bendungan di harap ekosistem di bendungan tetap terjaga," ungkap Suratno.

Seperti umumnya masyarakat desa menggelar suatu acara, kegiatan warga pesodongan diawali degan doa bersama dengan memohon kepada yang maha kuasa atas kesehatan, kerahmatan, diberi rejeki yang melimpah dan dihindarkan dari hal - hal yang tidak diinginkan. 

Suratno menjelaskan bahwa acara tahun ini digelar warga dengan sederhana, berbeda dengan tahun tahun sebelumnya yang melakukan kirap tumpeng kelililing kampung yang diiringgi oleh kesenian yang ada seperti tari kuda lumping dan tari topeng lengger.

"Kegiatan bedah bendungan pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Masyarakat menghendaki diadakan bedah bendungan secara sederhana, karena situasi dan kondisi bendungan lagi kurang mendukung karena adanya rumput kampul yang sangat mengganggu di dalam bendungan," jelasnya.

"Dan tahun yang lalu kami mengundang instansi terkait, seperti Dinas Perikanan, DPRD dan pemerintahan Wonosobo yang lain untuk menghadiri kegiatan bedah bendungan yang diadakan 2 tahun sekali di dusun Ladan desa Pesodongan pada bulan suro di hari Jumat Kliwon," lanjutnya.

Meski di gelar dengan sederhana, antusias masyarakat sangat luar biasa. Setelah acara selesai, masyarakat akan melakukan gotong royong membersihkan lumpur yang sudah menumpuk di dalam bendungan, selanjutnya Kadus Ladan akan berkoordinasi dengan Dinas Perikanan Wonosobo meminta bantuan untuk melakukan pengisian 10.000. - 15.000 ekor benih ikan seperti yang dilakukan pada tahun sebelumnya. (anj)

No comments

Featured post

Posting Mengatakan Mirip Drama Korea Di Facebook Istri Tentara Dipolisikan

Posting Mengatakan Mirip Drama Korea Di Facebook Istri Tentara Dipolisikan - Wonosobo, karena dianggap meresahkan dan mengandung ujaran kebe...

Powered by Blogger.