Evakuasi Nenek Tercebur Sumur Berakhir Dramatis

Kaliwiro - Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi dengan selamat Nenek berusia 58 tahun yang tercebur ke sumur setelah menerima laporan dari tetangga korban pada pagi tadi, Senin (24/02)

Evakuasi Nenek Tercebur Sumur Berakhir Dramatis

Evakuasi Nenek Tercebur Sumur Berakhir Dramatis

Diketahui korban bernama Nenek ‌Mustamit warga Wonoroto RT 28/07, Desa Tracap, Kecamatan Kaliwiro jatuh kedalam sumur, tetangga yang mengetahui kejadian tersebut kemudian melaporkannya ke BPBD Wonosobo sekitar pukul 04.45 WIB. Pihak BPBD selanjutnya melaporkan ke Pos Basarnas Wonosobo. Bersama Basarnas, pihaknya menuju lokasi kejadian sekitar pukul 05.00 WIB untuk melakukan operasi pertolongan dan penyelamatan korban.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo, Zulfa Akhsan Alim Kurniawan mengatakan, peristiwa tersebut bermula pada saat korban sedang menimba air untuk berwudhu di sumur milik tertangga.

"Tidak tahu persis awal mula kejadian, tahu-tahu tetangga korban mendengar ada suara rintihan didalam sumur. Setelah dilihat ada orang didalam sumur," terang Zulfa.

Lebih lanjut, tetangga yang mengetahui kejadian tersebut kemudian melaporkannya ke BPBD Wonosobo sekitar pukul 04.45 WIB., selanjutnya Operator BPBD melaporkan ke Pos Basarnas Wonosobo. Bersama Basarnas, tim gabungan menuju lokasi kejadian sekitar pukul 05.00 WIB untuk melakukan operasi pertolongan dan penyelamatan korban.

Sementara itu, Kepala Basarnas Semarang, Nur Yahya memerintahkan Koordinator  Pos Basarnas Wonosobo Hardi Amanurijal untuk memberangkatkan 1 tim rescue untuk melakukan pertolongan disertai alat mountenering.

"Operasi SAR dengan metode lowering 1 rescuer turun ke dalam sumur disertai alat bantu self contain breating apparatus (SCBA) untuk mengikat korban dan ditarik ke atas dengan sistem Lifting," jelas Hardi yang juga menerangkan kedalaman sumur mencapai kurang lebih 10-14 meter, dengan diameter 1 meter.

Sekitar pukul 06.30 WIB upaya tim SAR gabungan membuahkan hasil, "Korban berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat dan langsung ditangani bidan Desa Tracap. Korban selanjutnya dibawa kerumah kediaman dan operasi SAR dinyatakan selesai," terangnya.
(anj).

Tidak ada komentar

Featured post

Kedalon Batasi Dan Awasi Ketat Akses Keluar Masuk Desa

Wonosobo , - Desa Kedalon, Kecamatan Kalikajar batasi akses keluar masuk desa sejak jumat 27 Maret lalu, Warga atau tamu harus menjalani beb...

Diberdayakan oleh Blogger.