Pasar Pagi Garung Pindah Di Halaman Pasar Sayur Siwuran

Wonosobo, - Kerumunan masa di Pasar Pagi yang berada di Sub Terminal Garung dialihkan ke Pasar Sayur Siwuran, seperti diketahui Pasar Pagi tersebut selalu ramai sejak dini hari hingga pagi menjelang, puluhan pedagang dan ratusan pembeli selalu berjubel memenuhi Sub Terminal yang sempit. Melihat kondisi tersebut Pemkab berinisiasi menata ulang dan memindahkan pedagang di halaman Pasar Sayur Siwuran untuk  meminimalisir resiko penularan Covid-19 yang dilaksanakan Selasa 28 April 2020.

Pasar Pagi Garung Pindah Di Halaman Pasar Sayur Siwuran

Pasar Pagi Garung Pindah Di Halaman Pasar Sayur Siwuran

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Wonosobo, Agus Suryatin menyampaikan bahwa pedagang Pasar Pagi Garung Hari Rabu 29 April 2020 telah muli berjualan ditempat baru yang telah ditetapkan. 

“Alhamdulillah, pagi ini kami sampaikan bahwa aktifitas perdagangan Pasar Pagi di Sub Terminal Garung sudah tidak ada, sehingga terminal sudah berfungsi sebagaimana mestinya dan para pedagang pun sudah membuka lapak di halaman Pasar Sayur Siwuran dengan rapi dan tertib,” terang Agus.

Pemindahan tempat aktifitas Pasar Pagi Garung tersebut tidak serta merta dipindah, Agus mengungkapkan bahwa jauh hari sebelumnya telah dilakukan sosialisasi dan himbauan-himbauan. Kemudian setelah mengevaluasi kondisi keramaian di Sub Terminal Garung tersebut diputuskan untuk memindahkan ketempat yang lebih luas sehingga bisa diterapakan Physical Distancing. Para pedagang menurut Agus sangat kooperatif sehingga ketika pada Selasa malam petugas menyiapkan tempat di halaman Pasar Payur Siwuran, mereka sangat antusias untuk menempatinya. 

“Pembuatan sket untuk lapak di halaman Pasar Sayur Siwuran berlangsung hingga dinihari, dibantu petugas pasar setempat, dan kemudian tim gabungan dari Dinas DagKop UMKM, bersama personel Satpol PP, Dinas Perhubungan, Camat beserta Kapolsek dan Danramil bersama-sama berjaga di area Sub Terminal Garung demi memastikan tidak ada pedagang yang kembali berjualan di tempat tersebut,” lanjutnya.

Hingga Rabu siang Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Wonosobo meng klaim bahwa tidak ada satu pedagangpun yang kembali ke Sub Terminal Garung kecuali membersihkan bekas-bekas lapak yang belum sempat dipindahkan ke Siwuran.

“Dari pemantauan di lapangan oleh para petugas, para pedagang eks Sub Terminal Garung juga mengaku antusias dan lebih nyaman berada di halaman Pasar Sayur Siwuran karena tempatnya memang lebih memadai.” jelasnya. (Anj)

satumenitnews.com

Tidak ada komentar

Featured post

2441 Rapid Test Massal Untuk Wonosobo Sampai Hari Ini

Pemkab Wonosobo sudah melaksanakan Rapid Test Massal terhadap 2441 orang diberbagai titik keramaian sebagai upaya nyata menekan penyebaran ...

Diberdayakan oleh Blogger.