Breaking News

Buangan Sampah TPA Mencapai 3 Ton Per Hari, TPA Wonosobo Butuh Diperluas

satumenitnews.com - Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah di Kabupaten Wonosobo mencapai 3 Ton Per Hari, sementara proses pengolahan sampahnya masih menggunakan sistem dumping sehingga sampah dari berbagai wilayah di Kabupaten Wonosobo  menumpuk semakin tinggi di TPA.

Buangan Sampah TPA Mencapai 3 Ton Per Hari, TPA Wonosobo Butuh Diperluasan

Buangan Sampah TPA Mencapai 3 Ton Per Hari, TPA Wonosobo Butuh Diperluas

Wonosobo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wonosobo Widi Purwanto mengatakan tempat pembuangan sampah di Kabupaten Wonosobo karena masih mengandalkan sistem dumping untuk pengolahan TPA, maka membutuhkan tempat yang luas. Widi juga mengatakan setiap harinya sampah yang dibawa ke TPA Wonosobo rata-rata mencapai 3 ton dengan berbagai jenis sampah. 

"Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat tentang membuang sampah disetiap desa, akhirnya banyak desa mempunyai mobil pengangkut sampah ke TPA. Hal ini  berpengaruh terhadap peningkatan/volume sampah di TPA Wonosobo. Desa-desa yang membuang sampah di TPA semua ada ijinya, Sementara sampah yang ada di TPA dikelola secara manual, diratakan dan ditutup tanah dengan menggunakan alat berat/bego," ujarnya Kamis (09/07).

"Kami sudah menyarankan kepada pengelola sampah di desa-desa dan berharap sebelum sampah-sampah dibawa ke TPA kususnya sampah anorganik diselesaikan ditempat, harus terurai dengan cara dibakar, ditimbun atau dibuat pupuk kompos sehingga pembuangan sampah di TPA tidak terlalu over," ungkap Widi.

Lebih lanjut, dalam pengolahan sampah pihaknya melakukan sistem kontrak dengan pihak ke 3 untuk mengambil sampah-sampah yang bersifat B3 seperti sampah berbahan plastik, dan lainya.

Widi menambahkan, pihaknya tidak menerima sampah medis dari RS, LAB, klinik-klinik, "Sampah medis termasuk masker saat pandemi tidak boleh dibuang ditempat sampah umum harus dikumpulkan ada jasanya sendiri dibuang atau dibawa ke Bandung disana dibakar dengan Incinerator. Untuk sampah masker ada pengelola sendiri karena masker tersebut tidak boleh dibuang ditempat umum. Ketika membuang masker harus dibungkus plastik," terang Widi Purwanto. (Budilaw-79).

#Buangan Sampah TPA Mencapai 3 Ton Per Hari, TPA Wonosobo Butuh Diperluas

Tidak ada komentar

Terbaru

Tangkal Pengaruh Buruk Dampak Internet, Dandim Wonosobo Ajak Generasi Muda Amalkan Nilai-nilai Pancasila

satumenitnews.com-  Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Czi Wiwid Wahyu Widayat mengingatkan, saat ini pengaruh dari internet sangatlah besa...