Breaking News

TMMD Sengkuyung II di Kudus Rampung, Habiskan Dana Rp 656 Juta

satumenitnews.com - Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung II Tahun Anggaran 2020 tuntas. Program tahunan yang diinisiasi Kodim 0722/Kudus-Korem 073/Makutarama itu sasaran utamanya adalah betonisasi jalan di Desa Undaan Kidul Kecamataan Undaan, Kabupaten Kudus sepanjang 676 meter, lebar 3 meter dan tinggi 15 sentimeter.


TMMD Sengkuyung II di Kudus Rampung, Habiskan Dana Rp 656 Juta 

KUDUS - Dalam laporannya, Dandim 0722/Kudus Letkol Arm Irwansah melalui Pasiter Kodim 0722/Kudus memaparkan, tujuan dilaksanakan TMMD Sengkuyung II bertema "TMMD Pengabdian Untuk Negeri" ini adalah untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat. Selain itu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan fisik dan nonfisik.

‘’Untuk pelaksanaannya dimulai sejak 30 Juni hingga 29 Juli 2020,’’ ungkapnya, di Pendapa Kabupaten Kudus, Rabu (29/7).

Adapun Anggaran kegiatan TMMD Sengkuyung II TA 2020 sebesar Rp 656,940 juta yang bersumber dari APBD Provinsi dan Kabupaten Kudus, rinciannya dari APBD Provinsi mencapai Rp 204 juta dan APBD Kabupaten Kudus sebesar Rp 452,940 juta.

Adapun kegiatan non fisik yang dilaksanakan berupa penyuluhan radikalisme, terorisme dan balatkom. Selain itu, penyuluhan KB-Kes dan pemberdayaan masyarakat, penyuluhan bela Negara, wawasan kebangsaan, narkoba, kamtibmas, dan undang-undang lalu lintas.

‘’Sosialisasi terkait pencegahan penyebaran virus korona pun dilaksanakan, dan terkait penyuluhan pertanian serta pembinaan mental dan keagamaan,’’ jelasnya.

Sementara Plt Bupati Kudus, HM Hartopo dalam sambutannya bersyukur di tengah pandemi covid-19 kegiatan TMMD Sengkuyung II TA 2020 dapat dilaksanakan dengan lancar. Kemudian hasilnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kudus, khususnya warga Desa Undaan Kidul. Selain betonisasi jalan, kegiatan non fisik seperti sosialisasi juga digelar bersama warga setempat.

‘’Kami ucapkan terimakasih kepada Kodim Kudus yang telah menyelesaikan TMMD Sengkuyung II di tengah pandemi seperti saat ini,’’ ujar Hartopo

Menurutnya, selama terjadi penyebaran virus korona, semua elemen masyarakat banyak prihatin. Keprihatinan itu tentunya menjadi tantangan bersama, mengingat aktivitas masyarakat tidak bisa dihentikan. Meski demikian, selama melaksanakan kegiatan sehari-harinya, masyarakat diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

‘’Jangan malas dijadikan alasan tidak beraktivitas di tengah pandemi. Semua harus berkegiatan demi kemajuan Kota Kudus,’’ kata Hartopo.

Terpisah, Camat Undaan Rifai Nawai mengatakan, hasil dari TMMD Sengkuyung II 2020 sangat bermanfaat bagi masyarakat. Pihaknya menghimbau, warga Undaan Kidul harus turut merawat jalan yang baru dibangun itu agar tidak cepat rusak.

‘’Adanya betonisasi jalan itu akan menambah semangat masyarakat,’’ kata Rifai.

Dia menambahkan, betonisasi jalan yang dibangun melalui program TMMD itu juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Jika jalannya sudah bagus, tentu biaya pengeluaran untuk mengangkut hasil pertanian dapat ditekan.

‘’Adanya betonisasi jalan itu, akan meringankan beban pembiayaan petani untuk mengangkut hasil petaniannya,’’ pungkasnya. (red)

Tidak ada komentar

Terbaru

Tangkal Pengaruh Buruk Dampak Internet, Dandim Wonosobo Ajak Generasi Muda Amalkan Nilai-nilai Pancasila

satumenitnews.com-  Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Czi Wiwid Wahyu Widayat mengingatkan, saat ini pengaruh dari internet sangatlah besa...