Breaking News

Tangkal Pengaruh Buruk Dampak Internet, Dandim Wonosobo Ajak Generasi Muda Amalkan Nilai-nilai Pancasila

satumenitnews.com - Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Czi Wiwid Wahyu Widayat mengingatkan, saat ini pengaruh dari internet sangatlah besar kepada generasi muda.  Begitu banyak tontonan yang bisa dilihat. Dari berbagai tontonan itu, sedikit banyak akan mempengaruhi pola pikir generasi muda. Apalagi jika dilihat setiap hari atau setiap saat maka akan mempengaruhi jiwa dan kepribadiannya. Untuk itu agar kita semua tidak terpengaruh oleh hal-hal yang menyesatkan maka kita harus mempunyai dasar atau benteng yang baik.


Tangkal Pengaruh Buruk Dampak Internet, Dandim Wonosobo Ajak Generasi Muda Amalkan Nilai-nilai Pancasila

WONOSOBO - Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Czi Wiwid Wahyu Widayat memberikan pembinaan akan pentingnya pemahaman dan pengamalan nilai nilai Pancasila kepada generasi muda dalam rangka membentengi para calon penerus bangsa kepada anak-anak SMA/SMK.

Menurutnya, Bangsa Indonesia sudah mempunyai dasar idiologi yang sangat baik yaitu Pancasila. Dalam pancasila tersebut sudah terkadung nilia-nilai luhur para pendahulu dan itu sudah sangat tempat jika diterapkan mengingat Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan jumlah penduduk yang sangat banyak. Untuk itu sebagai generasi muda harus faham dan tahu secara mendalam sehingga tidak akan mudah terpengaruh oleh budaya asing.

Pesan Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat yang kedua adalah sebagai generasi muda harus padai dalam menguasai ilmu pengetahuan.  Siapa yang pandai maka dia akan menguasai dunia.  Saat ini pertarungan sangatlah ketat.  Siapa yang kuat itulah yang menang. Kuat disini adalah kuat penguasaan ilmu dan tekhnologi. 

Untuk itu bagi pelajar gunakanlah waktu belajar sebaik mungkin, agar ilmu yang diajarkan bisa diterima dan difahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Kapten Inf Heru Utomo selaku narasumber kedua menambahkan persoalan karakter para pemuda kini menjadi sorotan tajam dalam masyarakat. Berbagai sorotan tersebut termuat dalam media cetak, wawancara, dialog atau gelar wicara di beberapa media elektronik. Ironisnya, persoalan yang muncul seperti meningkatnya tindak kriminal, kekerasan, kejahatan seksual, pengrusakan, perkelahian antarpelajar, kehidupan yang konsumtif, dan lain-lain yang seringkali menjadi topik hangat dan tidak ada henti-hentinya untuk dibicarakan.

Ini disebabkan karena karakter generasi muda mengalamai degradasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut solusi Pendidikan Pancasila sangatlah penting bagi para generasi muda Indonesia agar dapat terbentuk karakter yang unggul dan berakhlak mulia. Sehingga mampu bersaing, beretika, bermoral, sopan dan santun dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Karena karakter merupakan nilai  nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan, yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perhatian, dan perbuatan berdasarkan norma  norma agama, hukum, tatakrama, budaya dan adat istiadat. Sehingga, tidak akan ada lagi tindak kriminal seperti kasus korupsi dan lainnya. (Red)

Tidak ada komentar

Terbaru

Musrenbangdes, Kenalkan Pj Kades Bojasari

satumenitnews.com Pemdes Bojasari Kecamatan Kertek melakukan musyawarah rencana pembangunan Desa (Musrenbangdes) dan  Rencanana Kerja Pemeri...