Breaking News

Harga Tembakau Anjlok, Menteri Surati Pabrik Rokok

satumenitnews.com Permintaan Bupati Temanggung agar pemerintah pusat turun tangan atasi anjloknya harga tembakau di musim ini, direspon oleh Menteri Perindustrian RI. Kementerian Perindustrian menyurati semua pabrik rokok, agar mereka menyerap tembakau pada musim panen ini dengan harga yang pantas sesuai kualitas.

Harga Tembakau Anjlok, Menteri Surati Pabrik Rokok


Harga Tembakau Anjlok, Menteri Surati Pabrik Rokok


TEMANGGUNG - Setelah berbagai langkah di lapangan tak membuahkan hasil, maka Bupati Temanggung HM Al Khadziq, meminta pemerintah pusat turun tangan mengatasi anjloknya harga tembakau tahun ini.

Menurut bupati, anjloknya harga antara lain karena omset penjualan rokok kretek menurun akibat kenaikan cukai rokok dan akibat resesi ekonomi sehingga pabrik mengurangi penyerapan bahan baku.

Oleh sebab itu untuk mendorong pabrik melakukan penyerapan tembakau diperlukan intervensi oleh pemerintah pusat.

"Harus ada intervensi pemerintah pusat untuk mengatasi masalah ini," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu yang lalu Menteri Perindustrian RI telah mengirim Dirjen Industri Agro, Abdul Rochim, untuk melakukan pengecekan ke Temanggung, sidak ke gudang-gudang pembelian tembakau.

Setelah itu, Menteri Perindustrian RI merespon hal tersebut dengan bersurat kepada pabrik rokok di seluruh Indonesia, Isi surat tersebut antara lain, pemerintah berharap pabrik rokok menyerap tembakau hasil panen tahun ini dengan harga yang sesuai kualitasnya. Dalam masa pandemi ini, petani tembakau sangat bergantung pada penjualan hasil kebun tembakaunya. (red)

Tidak ada komentar

Terbaru

Kesulitan Akses, Petani Salak Banyukembar Swadaya Bangun Jalan

WONOSOBO - Selama bertahun-tahun merasakan kesulitan untuk menjangkau kebun melalui jalan setapak yang rawan dan licin saat hujan melanda, t...