Breaking News

Seniman Kota Kretek Pamerkan Karya Seni Arts Exhibition "Moriah"

satumenitnews.com-Sejumlah seniman dari berbagai literasi komunitas seni di Kota Kretek tak kehilangan kreativitas ditengah pandemi Covid-19 dengan membuat karya seni bertajuk Arts Exhibition "Moriah". Moriah sendiri merupakan film dokumenter yang berisi teatrikal, pameran seni, pembacaan puisi, tari, hingga live street art performance.

Komunitas seni di Kota Kretek membuat karya seni bertajuk Arts Exhibition "Moriah".

Seniman Kota Kretek Pamerkan Karya Seni Arts Exhibition "Moriah"

KUDUS - Sutradara film tersebut, Afif Khoiruddin mengungkapkan, pembuatan film dokumenter tersebut merupakan bentuk kreativitas mereka ditengah pandemi Covid-19. Pasalnya, pertunjukan seni di masa pandemi ini memang belum mendapatkan izin dari Pemkab Kudus.

"Yang pasti, dengan film ini kami ingin turut menyemarakkan HUT Kudus pekan depan," imbuhnya.

Kata Moriah diambil dari istilah Gunung Muria, yang menjadi salah satu identitas Kabupaten Kudus, selain Menara Kudus tentunya.

"Moriah itu sebenarnya Muria, yang kita kenal sebagai nama gunung di kabupaten Kudus," papar Afif Khoiruddin, 

"Inisiatif untuk mendampingkan multidisiplin seni dalam karya Pimpimpoh kali ini memang berawal dari kebingungan, kejenuhan, kegelisahan, kemarahan, keisengan, dan keyakinan masing-masing individu disaat pandemi," timpal Web, salah satu personil Pimpimpoh.

Afif, sutradara tersebut mengambil latar belakang tempat di bekas reruntuhan kebakaran Matahari Mall Kudus. Keprihatinan terhadap bangunan mangkrak tersebut, membuatnya mencoba masuk lebih dalam untuk melihat kondisi bangunan. Dari bekas reruntuhan kebakaran tersebut justru menjadi sumber inspirasi baginya. 

"Kami sudah izin ke Pemkab, tapi ternyata bekas Matahari Mall itu menjadi milik individu. Jadi kami langsung mengontak pemiliknya untuk meminta izin shooting film di sini," katanya.

Film Moriah rencananya akan dilaunching pada 23 September mendatang, atau bertepatan dengan HUT Kudus. Pihak Pimpimpoh akan melaunching film tersebut di platform Youtube Wikipuisi.

"Launchingnya pekan depan di Youtube Wikipuisi, berbarengan dengan momen HUT Kudus," pungkasnya. (red)

Tidak ada komentar

Terbaru

Musrenbangdes, Kenalkan Pj Kades Bojasari

satumenitnews.com Pemdes Bojasari Kecamatan Kertek melakukan musyawarah rencana pembangunan Desa (Musrenbangdes) dan  Rencanana Kerja Pemeri...