Breaking News

Kodim Wonosobo Gelar Lomba Pencak Silat dan Deklarasi Damai

WONOSOBO - Kodim 0707/Wonosobo menyelenggarakan pembinaan pencak silat tradisional dalam kegiatan Komsos (komunikasi sosial) Kreatif, dengan tema Membentuk SDM Kreatif, Inovatif dan Adaptif, yang diikuti oleh 16 perguruan pencak silat se Wonosobo, Kamis (22/10). 

Kodim Wonosobo Gelar Lomba Pencak Silat dan Deklarasi Damai

Kodim Wonosobo Gelar Lomba Pencak Silat dan Deklarasi Damai

satumenitnews.com Dalam sambutan Komandan Kodim yang diwakili oleh Pasi Ter Kapten Inf Iwan Nafarin mengatakan bahwa melalui acara Komsos Kreatif ini pembinaan beladiri Pencak Silat Tradisional sebagai salah satu wujud kepedulian dalam melestarikan budaya bangsa. 

"Kegiatan Komsos Kreatif ini sebagai wujud kepedulian TNI dalam melestarikan budaya bangsa," tuturnya.

Menurutnya Komsos Kreatif yang kali ini dilaksanakan dengan pagelaran pencak silat, ini dimaksudkan untuk semakin mempererat hubungan TNI AD dengan segenap komponen bangsa, terutama para insan pencak silat yang telah turut memelihara budaya Indonesia.

Lebih lanjut disampaikan bahwa lomba ini lebih menonjolkan seni keindahan, bukan pada pertarungan. Karena tujuannya adalah agar di Wonosobo tidak terjadi perkelahian antar perguruan pecak silat, seperti di daerah lain. Dan juga sebagai ajang silaturahmi antara Kodim dengan perguruan pencak silat sekabupaten Wonosobo.

Kasdim 0707/Wonosobo Mayor Caj Hanry Handoko yang mewakili Dandim saat penyerahan hadiah menyampaikan bahwa lomba kali ini penilainnya meliputi kreatifitas gerak seni, kekompakan antar atlit, kostum, dan harmonisasi penampilan. Dalam kegiatan ini yang menjadi juara  pertama adalah tim Satrio Wibowo dari Perguruan Sinalika, juara kedua tim Jamrud Selogiri dari Perguruan Pilang Bangau dan tim Pasmun Wesi dari Perguruan PSH memperoleh juara III.

"Semoga dengan prestasi ini menjadi lebih semangat dalam latihan, teruslah berprestasi akan tetapi jangan menjadi sombong. Sedangkan kepada perguruan yang belum beruntung semoga tahun depan bisa menjadi juara," tutur Kasdim saat menyerahkan piala kejuaraan. 

Sumketo Hendro Kustanto selaku ketua IPSI Wonosobo mengucapkan banyak terima kasih kepada Kodim 0707/Wonosobo yang telah menyelenggarakan event tersebut, yang merupakan kali kedua. Menurutnya event ini membawa dampak yang positif bagi perkembangan dunia pencak silat di Wonosobo. 

"Kegiatan ini sudah dua kali digelar oleh Kodim Wonosobo, ini membawa dampak positif bagi perkembangan pencak silat di Wonosobo," ujarnya.

Setelah lomba dilaksanakan, semua peserta melakukan Deklarasi Damai dalam rangka menjaga perdamaian antar perguruan pencak silat, semua sepakat demi Wonosobo yang aman dan kondusif. (red/e2)

Tidak ada komentar

Terbaru

Pasarun.com Bantu Mitranya Berjualan Online

WONOSOBO – Dinas Pariwisata dan kebudayaan (Disparbud) Wonosobo berkolaborasi dengan startup lokal Pasarun.com menggelar sosialisasi marketi...