Breaking News

Panwascam Kertek Siap Terima Laporan Dugaan Pelanggaran Pilkada

WONOSOBO - Panwascam Kertek melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Wonosobo tahun 2020, Jumat (23/10). Bertempat di salah satu RM turut Desa Karangluhur. Diikuti 50 peserta pengawas Pilkada dan dihadiri Camat Kertek Muhammad Said S.sos, M.M dan Kapolsek Kertek AKP Sutopo S.H.
  
Panwascam Kertek Siap Terima Laporan Dugaan Pelanggaran Pilkada

Panwascam Kertek Siap Terima Laporan Dugaan Pelanggaran Pilkada

satumenitnews.com - Ketua Panwascam Kertek Yusuf Mustofa mengatakan tujuan diadakan sosialisasi pengawasan partisipatif untuk mengajak masyarakat berpartisipasi aktif dalam tahapan Pilkada. Pihaknya berharap dengan partisipasi masyarakat tersebut dalam tingkat kehadiran di TPS akan meningkat. Pada Pilpres 2019, Kecamatan Kertek mendapatkan nilai partisipasi tertinggi sebanyak 74 persen, diharapkan dalam Pilkada 2020 bisa meningkat.

"Disamping mereka mendapat informasi terkait dengan pengawasan maupun tahapan Pilkada, mereka bisa mensosialisasikan kepada keluarga, tetangga dan teman terdekat agar timbul kesadaran anti money politik dan siap berpastisipasi dalam Pilkada," ujarnya.

Dijelaskan Ketua Panwascam Kertek bahwa Panwaslu Kecamatan Kertek siap menerima semua laporan dugaan pelanggaran, baik atministratif, pidana maupun kode etik. Semua masyarakat berhak melaporkan, namun ada syarat yang harus dipenuhi baik formal dan material. Syarat formal seperti identitas pelapor dan terlapor dan waktu kejadian.

"Pemilu ini memakai UU yang lexspecialis, ketika ada pelanggaran, jika dalam 7 hari belum dilaporkan, kasus tersebut akan dianggap kadaluwarsa," paparnya.

"Kami berharap pelaksanaan Pilkada kususnya di Kecamatan kertek akan minim pelanggaran, sukses tanpa ekses (peristiwa), karena baik Panwascam ataupun PPK bersama-sama menjaga nama baik Kertek," ungkapnya.

Sementara itu Camat Kertek, Muhammad Said, menyampaikan pemilu akan berjalan baik dan jurdil tidak lepas dari peranserta dari berbagai elemen masyarakat yang ikut berpartisipasi mengawasi proses tahapan Pilkada.

"Diharapkan Pilkada Kabupaten Wonosobo akan berjalan dengan Jurdil sehingga pelaksanaan Pilkada akan lancar, aman dan damai serta mendapat pemimpin yang benar-benar jujur, adil dan baik," ucap Said.

Kapolsek Kertek, AKP Sutopo menambahkan, menghadapi pemilu yang sudah masuk ke tahapan kampanye sampai dengan H-3 dan hari tenang, pihaknya menghimbau kepada lapisan masyarakat diharapkan bisa saling memberikan informasi guna keamanan bersama, terkait Kantibmas menjelang Pilkada Wonosobo 2020.

"Dalam menghadapi Pilkada ini ketertiban masyarakat sangat diutamakan. Pencegahan terjadinya tindakan yang akan mengganggu jalanya Pilkada benar-benar harus diantisipasi sebelum menjadi masalah baru di masyarakat. Ketika ada pelangaran-pelangaran terkait kamtibmas akan ditangani sebaik-baiknya sesuai dengan kapasitasnya," bebernya.

Kapolsek mengajak masyarakat kususnya di Kecamatan Kertek untuk bersama-sama mensukseskan Pilkada Wonosobo dengan menjaga ketertiban dan keamanan di desa masing-masing, gunakan hak pilih sesuai hati nurani.

"Semoga Pilkada yang akan di laksanakan 9 Desember 2020 mendatang akan berjalan dengan baik dan sukses," pungkas Sutopo. (Budilaw79/e2)


Tidak ada komentar

Terbaru

Pasarun.com Bantu Mitranya Berjualan Online

WONOSOBO – Dinas Pariwisata dan kebudayaan (Disparbud) Wonosobo berkolaborasi dengan startup lokal Pasarun.com menggelar sosialisasi marketi...