Breaking News

Wisata Lembah Ponthong, Destinasi Wisata Baru di Kecamatan Kertek

satumenitnews.com - Mengeksplor objek wisata alam Wonosobo memang tidak ada habisnya, alamnya yang indah menjadi pesona tersendiri bagi setiap pengunjung. Satumenitnews berkesempatan mengunjungi Lembah Ponthong Hiking yang berada di Desa Kapencar Kecamatan Kertek. Obyek wisata ini terletak di bawah lahan pertanian serta tebing-tebing yang dipenuhi pohon bambu. Obyek wisata baru ini diharapkan dapat menggerakkan perekonomian warga desa setempat. 

Obyek wisata alam Lembah Ponthong Desa Kapencar Kecamatan Kertek

Wisata Lembah Ponthong, Destinasi Wisata Baru di Kecamatan Kertek

WONOSOBO - Pengelola obyek wisata lembah Ponthong, Daryanto, menyampaikan bahwa gagasan membuat wisata alam tersebut sudah sejak 2019 dan baru direalisasikan pada 21 Januari 2020. Wisata lembah Ponthong mempunyai potensi alam yang bagus dengan adanya air terjun ambal telu dan 2 sendang dengan air yang sangat bersih. Sendang kawibawan dan sendang pangurip menjadikan tempat tersebut layak untuk dijadikan wisata alam alternatif.

"Pembuatan obyek wisata alam yang terletak diatas tanah milik pribadi ini, mendapat respon positif dari Pemdes dan masyarakat sekitar yang mempunyai lahan pertanian di sekelilingnya, Disparbud Wonosobo juga sudah datang meninjau ke lokasi," ujarnya Selasa (20/10).

Lembah Ponthong sudah mempunyai fasilitas tempat parkir sepeda motor, 4 saung, aula, toilet dan wahana bermain. Water tubing, spot selfi, dan camping ground akan segera bisa dinikmati dalam waktu singkat. Akses menuju obyek wisata juga mudah, dari jalan raya parakan-kertek sekitar 2 km. 

"Saya berharap setelah dilaksanakan soft louncing pada bulan Desember mendatang, semoga semuanya akan sinkron, menambah kekompakan beberapa elemen seperti OPRB, Banser, Pemuda dan semua lapisan masyarakat Desa Kapencar," bebernya

"Sesuai misi kami pembuatan obyek wisata ini bertujuan untuk konserfasi alam, pemberdayaan masyarakat, menciptakan lapangan pekerjaan guna kurangi pengangguran dan meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Kapencar kususnya," imbuhnya.

Bendahara Desa Kapencar, Phillipus Budi Swasono menyampaikan dukungan kepada pemuda penggiat wisata yang ada di desanya, yang tidak mengenal lelah dalam pembuatan dan pengembang obyek wisata Lembah Ponthong.

"Semoga untuk kedepan pihak Pemerintah Desa bisa membersamai dalam memajukan Desa Kapencar dalam hal pemberdayaan dan peningkatan perekonomian masyarakat melalui obyek wisata dan sumber daya alam sekeliling Desa Kapencar," papar Budi Swasono. (Budilaw79/e2)

Tidak ada komentar

Terbaru

Temukan Barang Penting, Nenek 75 Tahun Didatangi Tiga Orang

WONOSOBO - Seorang nenek berusia 75 tahun yang bekerja di warung bakso Kondang Rejo Banjarnegara disambangi tiga orang warga Wonosobo, sala...