Breaking News

Desa Kembaran, Dorong Youtuber Lokal Promosikan Wisata dan Edukasi

WONOSOBO - Konten Youtube sudah bukan hal yang asing lagi bagi kita. Dengan berbekal handpone maupun laptop semua orang bisa membuat konten youtube hingga mengaksesnya. Bukan hanya itu dalam membuat konten diperlukan kreatifitas yang tinggi sehingga hasilnya bisa diterima masyarakat. 

Desa Kembaran, Dorong Youtuber Lokal Promosikan Wisata dan Edukasi
Yanuar Ardiansyah Kreator Youtube Desa Kembaran Kecamatan Kalikajar

Desa Kembaran, Dorong Youtuber Lokal Promosikan Wisata dan Edukasi

satumenitnews.com - Di masa pandemi Covid-19 saat ini beberapa pemuda asal Desa Kembaran Kecamatan Kalikajar berinisiatif membuat konten youtube untuk mengedukasi masayarakat terkait pencegahan virus corona dan juga memperkenalkan potensi tempat wisata yang ada di Wonosobo hingga mendapat penghargaan dari Diskominfo Wonosobo dan Pemdes setempat.

Kades Kembaran Agung Hermawan memberi apresiasi kepada para kreator youtube di Desa Kembaran serta merasa bangga karena memiliki warga yang kreatif dan edukatif yang dilakukan oleh para pemuda dalam membuat konten youtube.

"Sebagai Pemdes Kembaran saya berpesan kepada kreator-kreator youtube di Kembaran untuk bisa bekerjasama dalam meningkatkan dan mengembangkan kreatifitasnya lebih baik lagi serta bisa menata bahasa di dalam konten sebagai wujud pesan moral dan sosial yang disampaikan ke publik," terang Agung Hermawan, Senin (09/11).

Sementara itu, salah satu Kreator Youtube  Yanuar Ardiansyah mengatakan membuat chanel youtube mulai dari 2014, karena kesibukannya 2015 sempat vacum dan mulai aktif  kembali 4 bulan yang lalu . Ia melibatkan teman-teman pemuda desanya dalam membuat konten youtube.

"Untuk membuat kegiatan yang positif bagi para pemuda serta yang tidak mempunyai kesibukan, mereka saya rangkul untuk membuat konten youtube yang bisa mengembangkan bakat kreatitas didalamnya," ujar Yanuar.

Ia menjelaskan bahwa di Desanya ada 3 chanel youtube ada Goresan AK, KJB tv dan Cah Koclok. ke tiganya saling suport dalam mengembangkan dan meningkatkan kreatifitas yang lebih baik dalam membuat konten.

Yanuar bersama crew konsentrasi membuat konten atau vidio yang edukatif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat umum terkait pencegahan dan penanganan Covid-19 yang sangat berdampak di masyarakat.

Berkat kreatifitasnya, ia mendapat nominasi pemenang lomba vidio pendek dengan tema pencegahan penanganan Covid-19 dari Diskominfo Wonosobo bulan lalu.

"Alhamdulillah Konten Goresan AK masuk nominasi pemenang dan mendapat penghargaan dan sebentar lagi kami akan mengikuti lomba vidio terkait pencegahan Covid-19 yang diadakan oleh PKU Wonosobo," unkapnya.

Diakui Yanuar, sebenarnya ia lebih fokus membuat konten wisata dengan tujuan untuk meningkatkan minat pariwisata di masyarakat. karena di Wonosobo banyak tempat wisata yang bagus dan potensial yang harus dikelola dengan baik dan tepat.

Menurutnya, di Kecamatan Kalikajar ada beberapa potensi tempat wisata alam seperti Gong Mati di Kwadungan dan hutan pinus wilayah Desa Kwadungan dan Bowongso juga perlu dieksplorasi.

"Kami berharap di Desa Kembaran ada wadah yang menjadi tempat untuk menuangkan kreatifitas anak muda dalam membuat konten yang lebih baik, mulai dari tata bahasa, gaya bahasa dan penyampaian pesan-pesan moral dan sosial yang bisa dipahami dan diterima di masyarakat," pungkas Yanuar Ardiansyah. (Budilaw79/e2)

Tidak ada komentar

Terbaru

Temukan Barang Penting, Nenek 75 Tahun Didatangi Tiga Orang

WONOSOBO - Seorang nenek berusia 75 tahun yang bekerja di warung bakso Kondang Rejo Banjarnegara disambangi tiga orang warga Wonosobo, sala...