Breaking News

Peran FKDM Desa Sangat Penting Saat Pilkada

WONOSOBO - Menghadapi pelaksanaan Pilkada serentak. Forkompinca Kepil menyelenggarakan kegiatan diskusi dengan peserta Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) sekecamatan Kepil. Jumat (20/11).


Peran FKDM Desa Sangat Penting Saat Pilkada

satumenitnews.com - Dalam kesempatan tersebut Miswari S.Pd, MM, Camat Kepil mengatakan mendekati pelaksanaan Pilkada dinamika di lapangan semakin meningkat. Hal tersebut diperlukan bantuan semua komponen masyarakat khususnya pengurus FKDM di tiap desa dan kelurahan. Sehingga jika ada permasalahan dapat segera teratasi dengan baik dan cepat.

"Adanya pertemuan ini diharapkan pengurus FKDM semakin kompak, bisa saling komunikasi berbagi informasi serta bisa memecahkan permasalahan yang ada di wilayah. Menjaga stabilitas daerah tidak mudah dan membutuhkan kerja keras semua pihak. Sekecil apapun permasalahan di desa harus diselesaikan dengan sebaik-baiknya, agar tidak membesar bahkan merembet ke daerah lain," ujar Miswari.

Sementara Danramil Kepil Kapten Inf Bintarto menyampaikan bahwa untuk menciptakan stabilitas bisa dilakukan dengan cara deteksi dini dalam kehidupan sehari - hari, baik dalam urusan pribadi maupun kemasyarakatan. Dengan adanya deteksi permasalahan secara dini maka apabila muncul akan segera tertangani dengan cepat, sehingga permasalahan tidak membesar.

Danramil menghimbau kepada para Kepala Desa serta tokoh masyarakat agar segera melaporkan jika ada kejadian di wilayahnya. Libatkan RT dan RW sebab mereka merupakan ujung tombak informasi di daerah.

"Peran seorang RT maupun RW di desa sangatlah dominan. Pemerintah pusat berharap agar segera melaporkan setiap peristiwa yang terjadi di wilayah, dengan pencegahan cepat permasalahan atau kejadian tersebut tidak membesar dan mudah diatasi. Peran masyarakat melibatkan seluruh institusi pemerintah, TNI-Polri sangat penting untuk menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah," bebernya

Lebih lanjut, saat ini kemajuan teknologi semakin pesat diantaranya media sosial, apabila ada informasi atau berita di Medsos yang belum diketahui kebenarannya maka kita jangan langsung mengeshare info tersebut dan jangan mudah terpengaruh.

"Untuk menyikapi hal tersebut dibutuhkan kerja keras semua komponen bangsa untuk bersama - sama menjaga keutuhan NKRI di tengah situasi dan kondisi saat ini yang mulai lunturnya rasa nasionalisme dan patriotisme bangsa, dengan adanya gempuran infomasi tidak sehat," tandas Kapten Inf Bintarto.

Danramil mengajak masyarakat serta semua pihak untuk memperkuat militansi bangsa dengan cara setiap warga negara memiliki keunggulan moral, cinta tanah air, pantang menyerah dan rela berkorban, (Budilaw79/e2)

Tidak ada komentar

Terbaru

Pasarun.com Bantu Mitranya Berjualan Online

WONOSOBO – Dinas Pariwisata dan kebudayaan (Disparbud) Wonosobo berkolaborasi dengan startup lokal Pasarun.com menggelar sosialisasi marketi...