Breaking News

Sempat Viral, Obyek Wisata Alam Seroja Kini Sepi Pengunjung

Wonosobo - Wisata Alam Seroja, salah satu obyek wisata di Kabupaten Wonosobo yang sempat viral beberapa tahun lalu kini dalam kondisi yang mengenaskan dan tidak terawat. Konflik internal yang dipicu tidak ada kesepahaman pengelola dengan pemerintah Desa dituding menjadi awal merosotnya pamor tempat wisata tersebut, hingga akhirnya wabah Covid-19 memperparah kondisi hingga terkesan mangkrak.


Sempat Viral, Obyek Wisata Alam Seroja Kini Sepi Pengunjung

satumenitnews - Kades Desa Tlogo, Tulus Habib Ma'ruf mengatakan Wisata alam Seroja yang dikelola per Juni 2017 hingga awal tahun 2018 menghasilkan pendapatan sekitar 377 juta dalam kurun waktu 7 bulan, sementara tiket masuk obyek wisata waktu itu hanya Rp. 3.000. Pendapatan awal tersebut sangat menggembirakan mengingat baru awal dibuka sudah sangat ramai pengunjung.

"Melihat pencapaian pendapatan hingga 377 juta selama tujuh bulan, bagi saya itu suatu hal yang luar biasa dan benar-benar membanggakan bagi Pemdes serta masyarakat Desa Tlogo," ujarnya Rabu (18/11).

Namun berjalannya waktu merubah banyak hal, diakhir 2019, wisatawan yang berkunjung ke Wisata Alam Seroja menurun, pengelolaan lokasi wisata juga mulai mengalami pergeseran. Meski sempat melakukan pembangunan dari angggaran pemerintah, Wisata Alam Seroja berangsur ditinggalkan peminat wisata.

Hingga bulan April 2020, pengelola Wisata Alam Seroja melakukan penutupan sementara karena datangnya Wabah Covid-19, yang hingga kini belum selesai.

"Selama penutupan obyek wisata hingga bulan ini, hampir semua fasilitas yang ada di area mengalami kerusakan dan terlihat mangkrak. Hal tersebut karena tidak ada perawatan yang dilakukan dari semua pihak yang terlibat dalam pengelolaan," kata Tulus.

Tulus beralasan tidak adanya perawatan di obyek wisata milik desa tersebut akibat dampak wabah Covid-19 dan butuh biaya besar untuk membenahi lokasi yang terbengkelai. (Budilaw79/e2)

Tidak ada komentar

Terbaru

Pasarun.com Bantu Mitranya Berjualan Online

WONOSOBO – Dinas Pariwisata dan kebudayaan (Disparbud) Wonosobo berkolaborasi dengan startup lokal Pasarun.com menggelar sosialisasi marketi...