Breaking News

Logistik TPS Desa Kumejing Dikirim Lewat Jalur Air

WONOSOBO, - Meski sudah ada jalur darat, pendistribusian logistik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo Tahun 2020 ke Desa Kumejing, Kecamatan Wadaslintang tetap dikirim melalui jalur air dengan perahu. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonosobo menilai jalur air lebih cepat dan aman dibandingkan menggunakan jalur darat menuju desa tersebut, Selasa (08/12/2020).

Logistik TPS Desa Kumejing Dikirim Lewat Jalur Air
Distribusi logistik TPS Desa Kumejing menggunakan jalur air

Logistik TPS Desa Kumejing Dikirim Lewat Jalur Air

satumenitnews - Amirudin, dari Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Wonosobo mengatakan Kumejing merupakan desa yang cukup terisolir di Kabupaten Wonosobo, menurutnya distribusi logistik pemilu paling aman melalui jalur air karena Desa Kumejing ini dibatasi oleh Waduk Wadaslintang.

"Sebenarnya ada jalur darat tetapi medannya sangat sulit dan berkelok-kelok. Kondisi jalan darat tidak representatif sehingga terpaksa menggunakan jalur air," katanya disela-sela kegiatan pendistribusian. 

Amir juga menambahkan distribusi logistik melalui jalur air ke desa Kumejing hampir dilakukan setiap momen Pemilu oleh KPU Wonosobo.

Dalam kesempatan itu, Amir juga membeberkan bahwa partisipasi pemilih di Kecamatan Wadaslintang selalu rendah yaitu diangka 65 persen, ia berharap pilkada tahun ini angka partisipasi pemilihnya dapat meningkat.

Senada, Kades Kumejing, Endar Aditria Kurniawan saat dimintai keterangan mengatakan setiap ada momen Pemilu, distribusi logistik sering menggunakan jalur air, karena jalan darat di sini masih sangat sulit.

"Kalau perjalanam ditempuh lewat darat bisa memakan waktu sekitar satu jam lebih dari Wadaslintang. Tetapi jika menggunakan jalur air, perjalanan hanya memakan waktu sekitar 24-30 menit saja," jelasnya.

Dalam Pilkada Serentak 2020, desa Kumejing terdapat 6 TPS yang dibagi di 4 Dusun. Desa dengan penduduk 3.068 juga menemui kendala jarak antara dusun saat momen pilkada seperti sekarang, selain sinyal agak sulit kondisi jalan juga tidak bagus.  

"Banyak warga yang mengeluh terkait keadaan jalan disini. Untuk menarik pemilih agar mau mencoblos, pihak PPS sudah mendatangi rumah-rumah warga untuk sosialisasi," tandasnya.

Dalam distribusi logistik Pilkada tersebut, petugas KPU Wonosobo bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Wadaslintang dan PPS Kumejing, didampingi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Wonosobo dan Panwascam Wadaslintang, serta dikawal ketat oleh petugas Polsek dan Koramil Wadaslintang. (red/e2)

Tidak ada komentar

Terbaru

Pembinaan SAR Community dan Pelatihan Potensi SAR Digelar di Wonosobo

WONOSOBO -  Badan SAR Nasional (Basarnas) Semarang menggelar pelatihan potensi dan pertolongan di ketinggian bagi potensi SAR dan SAR Commun...