Breaking News

Pemkab Kudus Mulai Tata PKL di City Walk

KUDUS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus kini mulai menata kawasan City Walk untuk pedagang kaki lima (PKL). Tak hanya ditata, lapak PKL akan disamakan.

Pemkab Kudus Mulai Tata PKL di City Walk

Plt Bupati Kudus HM Hartopo sedang membahas penataan PKL di City Walk Kudus bersama Kepala Dinas Perdagangan Sudiharti (memakai krudung hijau), Kamis (7/1).

Pemkab Kudus Mulai Tata PKL di City Walk

satumenitnews.com - Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, di sepanjang kawasan City Walk direncanakan akan diisi oleh PKL suvenir pada siang hari dan kuliner untuk malam hari. Nantinya, saat berjualan para pedagang tak diperbolehkan untuk menggelar tikar agar tidak mengurangi fungsinya.

"Jadi pedagang tidak boleh menggelar tikar. Supaya masyarakat bisa tetap lewat dengan berjalan kaki. Mereka harus disiplin agar tidak menghilangkan fungsinya," jelas dia, Kamis (7/1).

Hartopo memastikan Kudus City Walk yang membentang sepanjang 562 meter cukup untuk menampung seluruh PKL Jalan Sunan Kudus. Sehingga para PKL tidak perlu khawatir tidak kebagian lapak.

Lebih lanjut, Hartopo menegaskan, tidak boleh lagi ada kendaraan yang parkir di Kawasan City Walk sebelah utara mulai hari ini, Kamis (7/1). Pihaknya memerintahkan Dinas Perhubungan (Dishub) agar bisa menertibkan parkir tersebut.

"Parkirnya jadi satu di sebelah selatan jalan. Tukang parkir yang ada juga harus bisa mengarahkan parkir hanya di selatan jalan," tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan Kudus Sudiharti mengatakan, pedagang tidak boleh menggelar tikar saat berjualan. Hanya boleh menyediakan kursi ataupun meja seperti halnya food court.

Khusus untuk PKL kuliner, lanjut Sudiharti, punya tanggung-jawab untuk membersihkan lokasi berdagang seusai berjualan. Seperti sampah, ataupun bekas-bekas minyak goreng harus selalu dibersihkan.

Sementara untuk jumlah PKL kuliner, nantinya akan ada sebanyak 51 PKL lama yang saat ini menepati di Gang 1 Jalan Kutilang, Kudus. Sementara untuk PKL suvenir, pihaknya belum bisa menyebutkan jumlah secara pasti.

"InsyaAllah 51 PKL kuliner itu bisa masuk semua, (jualan) mulai 15.30 WIB sampai 00.00 WIB hanya di sebelah utara. Untuk yang pagi nanti akan kami konsep lagi," tandasnya. (yk/e2)

Tidak ada komentar

Terbaru

Selamat Bertugas, Jenderal

OPINI Oleh Idham Cholid WONOSOBO - "Dari kebudayaan bisa saja kita berbeda. Dari agama dan warna kulit bisa saja berbeda. Seharusnya p...