Breaking News

Kembang Kempis Carica Exotic Bertahan di Masa Pandemi

WONOSOBO - Pandemi Covid-19 berimbas pahit pada berbagai sektor usaha, tak terkecuali untuk pelaku umk dan umkm. Di Wonosobo imbas pandemi juga dirasakan oleh pengusaha olahan carica yang menjadi andalan oleh-oleh wisatawan.

Kembang Kempis Carica Exotic Bertahan di Masa Pandemi

Kembang Kempis Carica Exotic Bertahan di Masa Pandemi

satumenitnews.com - Sri Endar Wati pemilik olahan carica merk Exotic mengatakan imbas pandemi mengakibatkan penjualan carica miliknya merosot tajam. Dari keterangannya, sebelum pandemi ia mampu memproduksi 2000 cup per hari dan kini hanya memproduksi bila stok sudah menipis saja.

"Dulu bisa memproduksi hingga 2000 cup per hari, sekarang kita peoduksi bila stok menipis. Alasannya sepele mas, masa kadaluarsa harus kita jaga karena sudah tidak begitu laku," ujar Sri.

Dari keterangan Sri produk carica miliknya memiliki masa kadaluarsa 6 bulan untuk cup plastik dan kemasan botol kaca bisa sampai 2 tahun. Meski memiliki masa kadaluarsa yang cukup panjang kini produksi hanya bila stok dirasa menipis atau saat ada pemesanan saja.

"Sekarang kami hanya mempekerjakan 2 karyawan untuk produksi, sebelumnya ada 10 karyawan yang bekerja namun karena ketidak jelasan situasi 8 karyawan kami liburkan," beber Sri.

Sementara Slamet, suami Sri mengatakan penjualan Carica Exotic miliknya telah menembus pasar luar daerah seperti Pontianak, Kalimantan barat. Namun untuk pasar andalan masih dijual seputar Dieng untuk wisatawan. Sebelum pandemi carica exotic laku keras pada musim liburan atau saat ada jadwal event besar Seperti Dieng Cultur Festival.

Namun sejak pandemi di awal tahun 2020 dengan pembatasan dan penutupan tempat-tempat wisata omset dan penjualan Carica Excotic turun tajam, produknya telah dibuat akhirnya banyak yang dikembalikan dan rusak karena telah melewati masa kadaluarsa. Dengan kejadian itu ia mengaku mengalami kerugian hingga 150 juta rupiah.

Meski demikin ia tidak menyerah dan tetap bertahan, segala upaya dilakukan untuk dapat bertahan di masa sulit seperti sekarang termasuk memasukkan produk carika di market place dan toko online seperti tokopedia, instagram dan WhatsApp.

Harga Carica Exotic terbilang cukup murah. Percupnya dibandrol dengan harga Rp. 3.000 dengan isi 120 gram. Dikemas dalam dus dengan isi 4, 6, 9, 12 sampai 36 buah. Selain kemasan dus karton, ada juga kemasan plastik dan untuk rasa silahkan dibandingkan dengan merk lainnya. (Nul/e2)

Tidak ada komentar

Terbaru

Pemdes Bumitirto Targetkan Desanya Jadi Sentra Tempe

WONOSOBO - Pemdes Bumitirto Kecamatan Selomerto mendorong masyarakat desa untuk mengembangkan home industri tempe. Program tersebut melibatk...