Breaking News

Pendaftaran Taruna Akmil 2021 Sudah Dibuka

WONOSOBO - Pendaftaran Taruna Akademi Militer (Akmil) tahun 2021 sudah dibuka secara online mulai 1 Januari - 25 April 2021. Ada 3 pendaftaran yaitu Tamtama, Bintara dan Perwira. Tamtama 2 gelombang, Bintara 1 gelombang dan Perwira 1 gelombang. 

Pendaftaran Taruna Akmil 2021 Sudah Dibuka
Komandan Kodim 0707 Wonosobo Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat

Pendaftaran Taruna Akmil 2021 Sudah Dibuka

satumenitnews.com - Komandan Kodim 0707 Wonosobo, Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat menjelaskan, gelombang pertama yang sudah dibuka adalah Tamtama mulai awal Januari dan untuk validasi tanggal 25 Februari 2021 sedangkan tes awal di bulan Maret. Persayaratan pendaftar bisa dilihat secara online dan lebih jelas keterangan di dalamnya. Adapun perubahan persyaratan tidak terlalu berbeda dari tahun sebelumnya.

"Tidak ada perubahan pada tahun ini, akan tetapi di masa pandemi saat ini ada pembatasan-pembatasan pada saat tes sesuai prokes," ujarnya, pada Jumat (19/01).

Dandim menjelaskan, sistem tes masih sama seperti sebelumnya, ada bidang akademik, bidang kehatan, fisik dan psikologi. Ini syarat paten yang tidak bisa diotak-atik untuk menjadikan mental ideologi.

"Mental ideologi untuk mengukur calon-calon aparatur negara khusus di Militer melalui pengecekan nasionalisme dan jiwa kebangsaanya seperti apa, karena kami memilih bibit-bibit yang terbaik," kata Dandim.

Letkol Czi Wiwid menghimbau kepada para pendaftar yang akan masuk pendidikan Militer, ketika diminta untuk membayar dengan sejumlah uang dalam pendaftaran sebisa mungkin dihindari. Menurutnya praktek-praktek seperti itu hanya penipuan belaka dan jangan dipercaya.

Pihaknya sangat memahami, orang tua calon pendaftar sangat menginginkan anak-anaknya diterima dan masuk pendidikan Akmil, tapi harus benar-benar tepat dan jangan sampai salah jalan, hindari pembayaran dengan uang pada proses pendaftaran.

Disisi lain pendaftar juga harus mempunyai kualitas diri yang bagus, jika mereka berkualitas kurang bagus mau habis uang berapapun tidak akan bisa masuk pendidikan.

"Orang tua mana sih yang tidak menginginkan anaknya masuk pendidikan Militer, saya sangat paham dengan hal ini namun saya minta kepada semuanya agar jangan sampai salah jalan apalagi sampai mengeluarkan sejumlah uang utuk mendaftar," ujarnya.

Ia berpesan kepada para calon pendaftar Taruna Akmil, segera mempersiapkan diri secara mental dan fisik. Bagi yang berminat, segera bergabung untuk mengikuti pelatihan di Kodim Wonosobo.

"Kami mempunyai anggota sebagai pelatih fisik dan mental anak-anak muda yang berkeinginan mendaftar pendidikan Akmil TNI AD. Saat ini sudah ada 30 anak yang mengikuti pelatihan fisik," tambahnya.

Pelatihan dilakukan pada Sabtu-Minggu, bahkan setelah belajar online mereka setiap sore melakukan latihan fisik sendiri dengan berjoging sebagai tambahan materi dari Kodim.

"Saya kira melakukan latihan fisik mandiri akan lebih baik. Dan yang terpenting harus yakin, optimis, tetap berusaha dan jangan lupa berdoa," tutup Kapten Czi Wiwid. (Budilaw79/e2)

Tidak ada komentar

Terbaru

H. Suwondo Yudhistiro, S.Sos. M.Ag., Mengucapkan Selamat

H. Suwondo Yudhistiro, S.Sos. M.Ag., Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Wonosobo mengucapkan selamat atas dilantiknya H. Afif Nurhidayat, S.Ag. d...