Breaking News

PSI Peduli Bencana, Salurkan Bantuan 100 Liter Deterjen Cair

KUDUS - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyalurkan bantuan berupa deterjen cair sebanyak 100 liter, untuk warga Desa Tanjung Karang yang terdampak banjir. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Umum PSI, Giring Ganesa, kepada Ketua RT 4 RW 7, Billy Sukamto, Kamis (11/2).

PSI Peduli Bencana, Salurkan Bantuan 100 Liter Deterjen Cair

PSI Peduli Bencana, Salurkan Bantuan 100 Liter Deterjen Cair

satumenitnews.com - Giring mengatakan, bantuan ini sebagai bentuk kepedulian PSI kepada masyarakat Kudus, terutama yang terdampak banjir akibat luapan Sungai Wulan dan JU 1 (Sungai Juana). Deterjen ini merupakan produk usaha mikro kecil dan menengan (UMKM) PSI Kudus.

‘’Kami berikan bantuan deterjen cair, mengingat bantuan makanan atau sembako sudah banyak. Ya, menyesuaikan kebutuhan masyarakat,’’ kata Giring.

Dia berujar, sebagai antisipasi agar banjir ini tidak terulang pada musim penghujan mendatang, pemerintah daerah setempat harus lebih serius lagi dan konsen melakukan penanggulangan di daerah rawan bencana. Seperti di Desa Tanjung Karang dan sekitarnya, yang setiap tahun menjadi langganan banjir.

Adapun upaya yang dilakukan untuk penanggulangan bencana, sambungnya, diantaranya membuat sebuah regulasi terkait bencana alam. Selain itu, melakukan penataan sungai di wilayah Kota Kretek, yang melintasi daerah rawan banjir seperti Kecamatan Jati, Mejobo, Undaan dan Kaliwungu.

‘’Pemerintah juga harus benar-benar waspada, akan perubahan iklim setiap tahunnya. Ini juga menjadi tantangan semua umat manusia,’’ tandasnya.

Diakui, setelah melihat kondisi di perumahan Desa Tanjung Karang, Kecamatan Jati, pihaknya sangat menyayangkan. Sebab sudah tujuh tahun daerah setempat selalu terendam banjir, saat musim hujan tiba. Sehingga, perlu ada penanganan yang terstruktur, jangka panjang dan perawatan yang baik.

‘’Kami sangat menyayangkan. Kami berharap, tahun depan tidak ada lagi banjir seperti ini,’’ tandasnya.

Sementara Ketua DPD PSI Kudus, Aris Susanto, mengaku sebelum memberikan bantuan deterjen cair tersebut, sudah melakukan survei tentang kebutuhan masyarakat di wilayah terdampak banjir. Hasilnya, deterjen menjadi kebutuhan warga pasca banjir untuk membersihkan lantai rumah, mengingat bantuan sembako sudah cukup banyak.

‘’Kami, PSI berupaya memberikan solusi terbaik untuk masyarakat. Terlebih pasca bencana banjir,’’ ujarnya.

Ketua RT 4 RW 7, Billy Sukamto (55) mengucapkan terimakasih kepada PSI, atas bantuan tersebut. Pihaknya juga berharap kepada pemerintah, agar ada penambahan pompa polder untuk menanggulangi bencana banjir ini. Agar pada musim penghujan tahun depan, pemukimannya tidak lagi tergenang air.

‘’Semoga usulan kami ini diterima oleh pemerintah,’’ tandasnya. (red/e2)

Tidak ada komentar

Terbaru

Pembinaan SAR Community dan Pelatihan Potensi SAR Digelar di Wonosobo

WONOSOBO -  Badan SAR Nasional (Basarnas) Semarang menggelar pelatihan potensi dan pertolongan di ketinggian bagi potensi SAR dan SAR Commun...