Breaking News

Jadwal Pelantikan Bupati Wonosobo Masih Menggantung

WONOSOBO - Jadwal Pelantikan bupati terpilih menggantung, pihak terkait yang dikonfirmasi menyatakan belum ada kejelasan kapan hari pelantikan bupati terpilih hasil Pilkada 2020. Jadwal pelantikan tanggal 17 Februari 2021 yang dikabarkan sebelumnya, hingga kini belum ada informasi lanjutan.

Jadwal Pelantikan Bupati Wonosobo Masih Menggantung

Jadwal Pelantikan Bupati Wonosobo Masih Menggantung

satumenitnews.com - Ketua DPRD Wonosobo, Eko Prasetyo HW saat ditemui dikantornya mengatakan belum ada kejelasan mengenai waktu pelantikan bupati terpilih, ia mengatakan informasi yang diterima simpang siur dan tidak ada kepastian. Dari kabar yang ia terima, ada beberapa opsi menyebut tanggal pelantikan, diantaranya menyebut tanggal 17 Februari 2021 dan opsi lain menyebut pelantikan dilaksanakan setelah kasus sengketa pilkada kabupaten lain selesai.

“Belum ada informasi soal waktu pelantikan bupati, awalnya katanya tanggal 17 Februari 2021 namun sampai hari ini belum ada tindak lanjut. Ada informasi lain menyebut dilaksanakan usai sengketa pilkada, padahal soal sengketa pilkada menjadi wewenang Mahkamah konstitusi RI dan pasti masih lama,“ uncap Eko Prasetyo.

Menurutnya bila jadwal pelantikan tidak ada kejelasan dan terus diundur maka konsekuensinya harus ada Pelaksana Tugas (Plt) atau Pelaksana Harian (Plh), karena bupati yang menjabat saat ini akan mengakhiri masa jabatannya pada tanggal 17 Februari 2021. Merujuknya pada surat edaran kementerian dalam negeri, bahwa ada wacana pemerintah daerah bisa menunjuk plh untuk mengisi kekosongan hingga pelantikan dilakukan.

"Dengan dasar surat edaran kementerian dalam negeri tersebut kabupaten yang menggelar pilkada serentak dapat menunjuk sekda sebagai pelaksana harian. Namun kita masih menunggu dan melihat perkembangan nanti seperti apa, sebab kebijakan bisa berubah, bisa lebih cepat atau sebaliknya,” jelas Eko.

Sebelumnya, Ketua KPU Wonosobo, Asmak Khozin, usai gelar penetapan calon bupati dan wakil bupati dalam pilkada 2020 menyebutkan bahwa pihaknya tidak mengetahui rencana pelantikan, sebab soal teknis pelantikan atau perpanjangan masa jabatan menjadi kewenangan Kemendagri.

“Kita sudah sampai pada penetapan terhadap paslon terpilih, sedangkan pada proses pelantikan menjadi kewenangan Kemendagri,” terang Asmak.

Sementara itu, Bupati Wonosobo terpilih, Afif Nurhidayat mengatakan bahwa hingga saat ini dirinya belum menerima informasi soal proses, waktu dan tempat pelantikan. Namun dirinya mengaku sudah mempersiapkan diri jika sewaktu-waktu ada informasi soal waktu acara tersebut.

“Saya belum tahu, belum ada informasi, apakah akan dilantik secara virtual atau tidak, waktu dan tempatnya kapan dan dimana, ya belum tahu, ya kita tunggu saja, sebagai persiapan kalau baju sih sudah saya jahit, tinggal pakai,” ujar Afif. (manjie/e2)

Tidak ada komentar

Terbaru

Pemdes Bumitirto Targetkan Desanya Jadi Sentra Tempe

WONOSOBO - Pemdes Bumitirto Kecamatan Selomerto mendorong masyarakat desa untuk mengembangkan home industri tempe. Program tersebut melibatk...